Cegah Kebakaran, Dibutuhkan Peran Masyarakat

Senin 08-04-2019,16:28 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress- Bagian Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satpol PP Linmas dan Damkar Kabupaten Kaur, terus menyiagakan petugas Damkar guna mengantisipasi kebakaran karena cuaca panas yang mulai melanda Kabupaten Kaur beberapa terakhir ini. Karena cuaca panas saat berpotensi kebakaran. Namun untuk mencegah kebakaran ini tentu dibutuhkan peran masyarakat.

“Peran masyarakat dalam mencegah kebakaran sangat dibutuhkan, karena mereka yang mengetahui potensi itu. Untuk anggota kita selalu disiagakan, dan kita juga rutinmelakukan simulasi pemadaman kebakaran kepada anggota damkar,” kata Kabid Damkar, Satpol PP Linmas dan Damkar Kaur, Elpi Sopyan S Sos, beberapa hari lalu.

Dikatakannya, dalam menghadapi musim kemarau awal Februari ini masyarakat Kabupaten Kaur dihimbau untuk hati hati terhadap material yang bisa menimbulkan api, berbagai material yang mudah terbakar yakni, kayu, rumput atau ilalang, dan kabel listrik akan sangat berpotensi memercik kan api dalam cuaca yang sangat panas seperti sekarang ini. Sebab dengan kondisi cuaca seperti ini intensitas kebakaran di wilayah Kabupaten bisa meningkat.

“Kami berharap musim kemarau itu tidak berkepanjangan sehingga menimbulkan kebencanaan, dan kepada masyarakat jika meninggalkan rumah pastikan rumah benar-benar aman,” himbaunya.

Elpi menambahkan, dalam mencegah kebakaran ini, petugas Damkar Kaur selalu latihan mengasah skill dan kemampuan mereka dalam memadamkan api, mengasah penggunaan alat pemadam dan berbagai antisipasi lainnya. Meski demikian pihaknya tetap berharap agar tidak ada tim turun dalam musim kemarau ini,artinya tak ada kebakaran dI kabupaten Kaur.  “Saat ini untuk mobil Damkar yang kita siagakan ada tiga unit, semuanya kita tempatkan dijantung ibukota, sehingga bila ada kebakaran dapat dengan cepat meluncur ke lokasi,” tandasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait