Lima KUB, Dapat Mesin Kapal

Senin 08-04-2019,14:15 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Kabar gembira bagi para nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUB) di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Para nelayan akan mendapatkan bantuan mesin kapal yang diharapkan bisa mendongkrak hasil tangkapan. \"Sesuai dengan rencana, ada 5 KUB yang akan diberi bantuan mesin kapal (lihat grafis,red),\" kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Bengkulu tengah, Nirzawan SH MSi melalui Kabid Perikanan Tangkap, Darwin Chaniago SPi.

Dijelaskan Darwin, pemberian bantuan tak bisa dilakukan secara asal-asalan. Sebelum menentukan target penerima bantuan, ulas Darwin, pihaknya telah bekerjasama dengan para penyuluh dalam melakukan verifikasi terhadap kondisi kapal yang dimiliki nelayan.

\"Bantuan mesin hanya bisa diberikan kepada nelayan yang sudah memiliki kapal. Yang diprioritaskan adalah kapal yang memiliki mesin dalam kondisi rusak,\" paparnya.

Terkhusus kepada nelayan yang tak memiliki kapal, pihaknya tak bisa menyalurkan bantuan tersebut.  Dikhawatirkan, mesin bantuan akan dijual jika nelayan tak memiliki kapal. Untuk diketahui, spek mesin yang akan dibagikan adalah merk Yamaha berkekuatan mesin 15 PK dan harga berkisar Rp 20 juta per unit. \"Kami juga mengingatkan kepada kelompok penerima bantuan untuk memanfaatkan mesin yang diberikan. Jika ada laporan mesin tersebut dijual, maka akan laporkan ke pihak yang berwajib,\" tegas Darwin.

Diungkapkan Darwin, bantuan mesin untuk jenis kapal tempel tersebut merupakan pengadaan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Saat ini, semua mesin sudah berada di DKPP Provinsi Bengkulu dan tinggal menunggu jadwal pembagian. \"Bantuan sudah berada di Bengkulu. Diprediksi, mesin kapal akan disalurkan setelah pesta demokrasi Pemilu 17 April 2019 nanti,\" demikian Darwin.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait