Sekda Ingatkan Jangan Menikah Dini

Rabu 20-03-2019,10:30 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kaur H Nandar Munadi SSos MSi membuka kegiatan sosialisasi acara Sosialisasi Pembangunan Keluarga bersama Mitra tahun 2019 Generasi Berencana (Genre) yang diselenggarakan oleh BKKBN Bengkulu di lapangan Merdeka Bintuhan kemarin, (19/3).

Dalam sambutannya, Sekda mengingatkan kepada generasi muda agar tidak menikah usia dini. Hal ini untuk menghindari kurang mapannya dalam berumah tangga serta menghindari sejumlah penyakit. Sebab sesuai anjuran pernikahan yang tepat itu wanita minimal umur 21 tahun dan laki laki minimal 25 tahun.

“Dimana nikah dini dapat menyebabkan gagal cita-cita, raihlah cita cita adik-adik, rancanglah berkeluarga dari jauh hari supaya cita cita yang diharapkan benar-benar tercapai,” kata Sekda dalam sambutannya, kemarin (19/3).

Dikatakan Sekda, dimana cita cita yang akan dicapai perlu perjuangan dan perlu berusaha. Perjuangan yang dimaksud yakni para generasi muda harus belajar tekun dari jauh hari sehingga apa yang diharapkan dapat pula tercapai. Juga ia meminta kepada agar lebih kreatif dalam mempersiapkan masa depan dan kejarlah cita-cita setinggi mungkin.“Kita tahu kalau cita-cita tidak bisa datang secara tiba-tiba, tidak mungkin sekolah tidak kursus tidak, lantas mau jadi pejabat sekolah tidak masuk partai tidak mau jadi anggota DPRD tentu tidak mungkin,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu Busmar Edisyaf SP juga menyampaikan, menurutnya menikah di usia muda dapat membuat banyak penyakit, mulai dari penyakit ekonomi, hingga menyasar kesehatan dari ibu yang melahirkan. Menurutnya untuk menghindari hal itu tentu para kaum muda perlu menyiapkan diri dan menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan. Jangan sampai nanti terpengaruh dengan lingkungan dan berakibat dengan yang bersangkutan.

“Disini peran orang tua juga tentunya dibutuhkan dalam menjaga dan mengawasi anaknya jangan sampai terlalu bebas sehingga lepas kontrol, dan jangan sampai nikah dini karena merusak masa depan anak sendiri,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu selain dihadiri sejumlah kalangan pelajar dari berbagai sekolah, juga hadir anggota DPR RI Dapil Bengkulu Hj Elva Hartati Murman S IP MM serta Kepala OPD terkait di Kabupaten Kaur. Selain memberikan pencerahan dengan sejumlah pelajar juga sempat menampilkan beberapa kesenian daerah berupa tari kreasi yang dihasilkan oleh sanggar sanggar seni di Kabupaten Kaur.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait