Surat Suara DPR RI Kurang

Rabu 20-03-2019,10:07 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

383 Lembar Ditemukan Rusak

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah menuntaskan penghitungan surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden (Wapres), DPR RI dan surat suara DPD RI.  Dari ketiga jenis surat suara yang telah dilipat itu, diketahui bahwa surat suara calon anggota DPR RI mengalami kekurangan.

Ketua KPU Kabupaten Benteng, Drs Brotoseno menjelaskan, kekurangan terjadi dikarenakan surat suara yang didistribusikan oleh pihak percetakan sesuai dengan jumlah kebutuhan (tidak berlebih,red). Yakni, sebanyak 83.776 lembar.  Setelah dilakukan penyortiran, petugas pelipatan surat suara menemukan sebanyak 383 lembar dalam kondisi rusak. Baik karena robek, terkena tinta ataupun cacat lainnya.

\"Dari hasil penyortiran oleh petugas pelipatan, surat suara calon anggota DPR RI banyak ditemukan rusak. Karena dikirim dalam jumlah yang pas-pasan, surat suara akhirnya kurang dari kebutuhan semestinya,\" ungkap Brotoseno.

Menyikapi hal itu, KPU Kabupaten Bengkulu tengah telah menyampaikan laporan ke KPU RI mengenai kondisi yang terjadi. Sehingga, pendistribusian surat suara tambahan bisa dilakukan dalam waktu dekat. \"Dari hasil koordinasi dengan pihak percetakan, surat suara calon anggota DPR RI dicetak dalam jumlah banyak. Pun begitu, kelebihan surat suara masih berada di Jakarta. Pendistribusian surat suara tambahan masih menunggu petunjuk KPU RI,\" bebernya.

Disisi lain, surat suara Pilpres dan Wapres serta anggota DPD RI juga banyak mengalami kerusakan. Akan tetapi, karena surat suara telah dikirim dalam jumlah yang lebih banyak, kerusakan surat suara tak begitu mempengaruhi kebutuhan. \"Untuk surat suara calon Presiden dan Wapres kerusakan hanya 70 lembar. Untuk DPD RI masih belum direkap. Sedangkan surat suara calon anggota DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten Bengkulu tengah masih dalam proses pelipatan,\" tandasnya.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait