APDESI Temui Komisi III

Senin 04-03-2019,12:32 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

TAIS, Bengkulu Ekspress - Rencananya Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Seluma untuk mendatangi DPRD Seluma, khususnya Komisi III. Ini terkait pernyataan anggota Komisi III DPRD Seluma, Zetman yang mengatakan, hampir seluruh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dikuasai oleh keluarga kades.

\"Kita akan temui yang bersangkutan (Zetman,red) meminta klarifikasi terkait pernyataannya yang kami dapat di medsos,\" terang Ketua APDESI Seluma, Kirman Efendi SSos, kemarin (3/3).

DijelaskanKirman, atas peryataan wakil rakyat tersebut 182 kades yang ada di Seluma merasa keberatan. Sehingga mendesak APDESI Seluma untuk mengambil tindakan dan langkah terkait pernyataan tersebut.

“Mayoritas mereka keberatan dengan pernyataan pak Zetman selaku anggota DPRD Seluma. Karena mengatakan bahwa BUMDes ada yang dikuasai oleh Kades. Kades meresa tidak ada Bumdes yang dikuasai oleh keluarga kades,” kata Kirman.

Untuk diketahui kata Kirman, pembentukan pengurus Bumdes dilakukan dengan musyawarah bersama masyarakat desa. Bukan dilakukan dengan penunjukan langsung.

Jika memang ada keluarga kades yang menjadi pengurus Bumdes maka itu sudah melalui proses dan telah disetujui oleh masyarakat. \"Setahu saya yang tidak boleh menjadi pengurus Bumdes itu adalah perangkat desa serta anggota BPD. Diluar itu semua bisa, jika memiliki keahlian sesuai yang dibutuhkan oleh Bumdes,\" jelas Kirman.

Lanjutnya sesuai prosedur kedinasan, dirinya telah mengirimkan surat pemberitahuan ke DPRD Seluma dan ditembuskan ke Polres Seluma, terkait rencana kami untuk mendatangi langsung Zetman tersebut.

Untuk diketahui pernyataan Zetman terkait Bumdes tersebut disampaikan saat pembahasa Raperda tentang BUMDes bersama Bagian Administrasi Hukum Setda Seluma dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Seluma.

Saat pembahasan itulah, Zetman mengatakan agar Bumdes dibuatkan payung hukum yang jelas. Jangan sampai ada BUMDes yang dikuasai oleh keluarga kades. Sehingga Bumdes dapat berjalan secara professional.

Terpisah, Zetman mengatakan, hal itu merupakan usulan demi kebaikan dan kemajuan Bumdes. “Menurut saya tidak ada yang salah, itukan hanya usulan yang semata untuk kemajuan BUMDes yang ada di setiap desa di Kabupaten Seluma. Jika memang APDESE ingin menemui saya, saya siap untuk menjelaskan semua,” sampai Zetman, saat dikonfirmasi melalui HP-nya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait