Nelayan Dapat Bantuan

Kamis 28-02-2019,11:28 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Provinsi Bengkulu akan menyalurkan dana bantuan kepada kelompok nelayan. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pengembangan lahan pekarangan. Seperti pembelian benih maupun sarana dan prasarana penunjang.

\"Alhamdulillah, ada 4 kelompok wanita nelayan yang mendapat bantuan. Semuanya akan mendapat bantuan dana dari DKPP Provinsi Bengkulu,\" kata Kepala DKPP Kabupaten Benteng, Nirzawan SH MSi, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (27/2).

Dijelaskan dia, keempat kelompok wanita tani nelayan tersebut meliputi, kelompok Putri Gading, Mawar, Angrek dan Melati. Semuanya sudah mengantongi SK yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Bengkulu.

\"Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, DKPP Kabupaten Bengkulu tengah hanya bertugas melakukan pendampingan dan pembinaan. Sehingga dana bantuan yang telah dikucur bisa dimanfaatkan secara optimal,\" jelasnya.

Meski belum bisa membeberkan secara gamblang besaran dana yang akan disalurkan, Nirzawan menegaskan bahwa program pengembangan pekarangan dharapkan mampu mengubah pola pikir masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan agar lebih kreatif.

Pasalnya, pekarangan yang dimiliki oleh masyarakat memiliki potensi yang diharapkan mampu untuk menjadi sumber penghasilan tambahan. \"Nelayan juga bisa belajar untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah tatkala sedang tak pergi melaut. Jika selama ini nelayan hanya berdiam diri sembari menunggu cuaca membaik, kedepan nelayan bisa lebih memanfaatkan waktu. Selain dilakukan oleh kelompok penerima manfaat, nelayan lain diharapkan juga bisa mengadopsi kegiatan positif ini. Dengan demikian, nelayan tak hanya berharap dari hasil melaut saja,\" demikian Nirzawan.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait