Seleksi Eselon II Pemprov

Selasa 19-02-2019,12:28 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

Pejabat Luar Tak Boleh Daftar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Seleksi untuk mengisi 16 jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu segera dimulai. Ketua Panitia Seleksi (Pansel), Nopian Andusti SE MT mengatakan, Pansel masih menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait syarat seleksi. Jika rekomendasi itu sudah turun, maka pendaftaran langsung dibuka.

Nopian memastikan seleksi ini tidak bisa diikuti pejabat dari luar Provinsi Bengkulu. Sebab, pemprov hanya akan membuka pendaftaran untuk pejabat dalam Provinsi Bengkulu saja. Yakni pejabat di lingkungan pemprov dan pemda kabupaten/kota saja.

\"Kita buka untuk pejabat dalam provinsi saja. Belum untuk pejabat dari luar provinsi,\" terang Nopian kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (18/2).

Nopian yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu ini mengatakan, tidak diperkenankannya pejabat luar provinsi lantaran seleksi jabatan ini untuk jabatan eselon II saja. Berbeda dengan eselon I, maka pejabat dari luar provinsi maupun dari kementerian bisa mendaftar. Jikapun pejabat luar provinsi mau ikut seleksi, maka status pejabat itu harus masuk ke pemerintah daerah yang ada di Provinsi Bengkulu terlebih dahulu.

\"Kalau untuk jabatan eselon I boleh dari luar provinsi. Ini kan untuk seleksi eselon II, jadi dalam provinsi saja,\" paparnya.

Untuk diketahui, pendaftaran akan dilakukan secara manual. Untuk pendaftaran online, menurut Nopian nantinya tidak maksimal dilakukan. Sehingga hanya dibuka secara manual saja.  \"Nanti daripada tidak efekti, jadi manual saja,\" tambah Nopian.  Dalam pendaftara nanti, pansel tidak akan membatasi siapapun yang mendaftar. Asalkan pejabat tersebut memenuhi persyaratan yang telah disiapkan pansel.

Persyaratan yang wajib sekali dipenuhi yaitu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017 tentang managemen PNS. Begitupun dengan syarat tambahaan yang disediakan oleh pansel juga harus terpenuhi. Syarat tambahaan itu tentang keahlian dan keilmuan sesuai dengan dinas yang dilamar nantinya.  \"Asal syaratnya terpenuhi, boleh saja daftar,\" terangnya.

Meski belum dibuka, Nopian memastikan pendaftaran itu akan segera dibuka secepatnya. Jika rekomendasi KASN dan syarat seleksi jabatan sudah diselesaikan sudah dikantongi oleh pansel. Untuk itu, pansel akan terus mendorong seleksi jabatan eselon II itu cepat diselesaikan. Sebab, Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah telah menargetkan, bulan awal bulan Maret mendatang, 16 jabatan tersebu telah diisi oleh pejabat definitif. \"Secepatnya dibuka. Kita selesaikan dulu semua syaratnya,\" tutup Nopian. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait