Bangun Tugu Kopi

Senin 18-02-2019,12:59 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang merombak besar-besaran tugu Pasar Kepahiang. Ikon Kepahiang yang berada tepat dipertangahan pusat perkotaan tersebut akan dipugar secara keseluruhan dan kemudian akan dibangun baru untuk menjadi ciri khas Kabupaten Kepahiang. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kepahiang, Ismail Hakim mengatakan, konsep pembangunan tugu baru nantinya akan memasukan unsur ciri khas Kepahiang, yakni kopi. Supaya desain tugu nantinya memiliki ciri khusus yang bisa memberikan kesan kepada warga yang melihatnya.

“Akan dibuat ikon kopi nanti, selain itu ada juga tamannya,” ujar Ismail.

Lanjutnya, jumlah anggaran yang sudah disiapkan untuk pembangunan tugu tersebut senilai Rp 5 miliar dari APBD. Anggaran yang disediakan dari APBD tersebut sebenarnya belum cukup. Karena konsep pembangunan tugu ini dipastikan ada pelebaran, selain dari itu nantinya yang mengelilingi tugu tersebut air mancur, dari konsultan pengawasan. Kalau total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan tugu tersebut sekitar Rp 7,5 miliar.

“Kalau memang anggarannya tidak mencukupi nantinya mungkin air mancurnya akan dihilangkan, dan diganti dengan konsep lain seperti tanaman dan sebagainya,” sebutnya

Sambungnya, pembangunan tugu yang berada di pusat kota sekitar taman santoso itu rencananya akan berjalan dalam waktu dekat ini. Namun ia belum bisa memastikan kapan kepastian pembangunan tugu tersebut. “Intinya dalam pembangunan tugu tersebut direalisasikan tahun 2019 ini. Rencananya, proyek tersebut akan diusulkan lelangnya pada bulan Maret 2019 mendatang. Pastinya sebelum dibangun nantinya tugu yang lama terlebih dahulu akan dibongkar, dan juga ada pelebaran di kawasan tugu tersebut,” ungkap Kadis PUPR. (320)

Tags :
Kategori :

Terkait