Catat Sejarah, Putra Daerah Jabat Kapolda

Sabtu 26-01-2019,09:59 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Kapolda Bengkulu, Brigjend Pol Drs Supratman MH yang menggantikan Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum, kemarin (25/1), sekitar pukul 09.00 WIB tiba di Bumi Rafflesia yaitu Provinsi Bengkulu.

Ketika turun dari pesawat Garuda di Bandara Fatmawati Bengkulu, Kapolda langsung disambut oleh Wakapolda Bengkulu Kombes Pol Budi Widjarnako, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ikhsan Fajri, Wakil Walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi dan bersama unsur pimpinan Polda Bengkulu (PJU), TNI Angkatan Darat dan Laut, Perwakilan Kejati Bengkulu, ibu-ibu Bhayangkari serta seluruh Kapolres se-Provinsi Bengkulu. Setibanya di depan gerbang VIP bandara, Kapolda Bengkulu pun disambut dengan tarian khas Bengkulu yakni tarian Sekapur sirih dan tarian pedang.

Saat diwawancarai mengenai kesannya berada di Provinsi Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman MH menyebutkan, sangat senang berada di Bengkulu yang merupakan tempat kelahiran dirinya dan selain dari itu Bengkulu merupakan wilayahnya yang sangat tenang, damai dan kondusif serta tentram, masyarakatnya juga ramah-ramah dan murah senyum semuanya.

\"Saya senang bisa berada di Bengkulu yakni kembali ketempat kelahiran saya dulu, semoga dengan kepemimpinan saya sebagai kapolda Bengkulu yang baru bisa membawa Bengkulu ke arah yang lebih baik lagi apalagi saya merupakan putra asli asal Bengkulu,\" terangnya, kemarin (25/1).

Sebagaimana diketahui, Brigjen Pol Supratman SH lahir di Bengkulu merupakan putra dari pasangan mantan Danramil Alm Mayor Infrantri Dahlan Arfan dan Almarhuman Hj Halijah. Selain itu, ia menyebutkan, dalam menjabat Kapolda Bengkulu yang baru ini ia akan meneruskan semua program kerja Kapolda Bengkulu yang lama dan ia juga akan membuat suatu program kerja yang baru nantinya setelah berkoordinasi dengan petinggi Polda lainnya.

\"Yang jelas prioritas kita menyelesaikan program kerja Kapolda Bengkulu yang lama dan untuk program kerja Polda yang baru masih kita rancang lagi,\" ucapnya.

Ia mengatakan, selama kepemimpinan Kapolda Bengkulu yang lama yakni dibawah komando Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum sudah banyak sekali perubahan dan itu akan ditingkatkan lagi agar Bengkulu bisa setara dengan Provinsi lainnya yang ada di Indonesia pastinya.

Sementara itu, Kabid Humas AKBP Sudarno SSos MH, mengatakan, rencananya hari ini banyak agenda yang akan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman MH yang akan dilakukan, diantaranya mulai pukul 08.00 WIB dilakukan penerimaan secara adat di Mapolda dan dilanjutkan dengan laporan kesatuan dan kegiatan lainnya. \"Banyak agenda yang akan dilakukan nantinya dan rencananya Minggu malam harinya juga langsung digelar pisah sambut dengan Kapolda yang lama Brigjend Pol Coki Manurung SH MHum di hotel Garge Horizon,\" tutupnya.

Sinergi dengan Pemprov

Atas pergantian jabatan tersebut, Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, dengan Kapolda baru itu tentu nantinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan Polda Bengkulu bisa saling sinergi. Khususnya, sinergi dalam memwujudkan program-program nasional yang ada di Provinsi Bengkulu. Sehingga program-program tersebut bisa cepat direalisasikan. \"Kedepan, program nasional harus disenergitaskan,\" terang Rohidin, kepada BE, kemarin (25/1).

Tidak hanya itu, upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Katibmas) di Bengkulu juga harus terus dipelihara. Sehingga keamanan masyarakat bisa terjamin dari semua line. \"Katibmas bisa terjaga dengan baik dan dipelihara,\" tambahnya.

Rohidin mengatakan, pada masa Kapolda lama banyak program yang dibuat. Tentunya kedepan, program-program yang ada tersebut bisa tetap dilanjutkan. Sehingga bisa benar-benar program tersebut dapat direalisasikan. \"Kita berharap, program yang ada bisa tetap dilanjutkan,\" ungkap Rohidin.

Untuk Kapolda lama Brigjen Pol Coki Manurung yang saat ini sudah bertugas sebagai Widyaswara Utama Sespim Lemdiklat Polri, gubernur mengucapkan terimakasih atas pengabdian selama ini di Bengkulu. Kinerja yang dilakukan telah terbukti bagus. Termasuk kebersamaan dengan masyarakat juga erat dilakukan. \"Selamat bertugas untuk Kapolda baru dan Pak Coki pada jabatan yang baru,\" pungkasnya. (151/529

Tags :
Kategori :

Terkait