Rekrut Relawan Demokrasi

Jumat 18-01-2019,10:33 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

GUNA meningkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur membentuk relawan demokrasi. Mereka adalah para relawan yang direkrut untuk menunjang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 di Kabupaten Kaur.

“Kini dalam proses prektrutan, nanti para relawan demokrasi ini akan membantu tugas KPU dalam memberikan sosialisasi program-program Pemilu 2019 di Kaur,\" kata Komisioner KPU Kaur Irpanadi SIKom, kemarin (17/1).

Dikatakannya, nanti relawan demokrasi terdiri dari 55 orang anggota yang terbagi dalam sebelas bidang basis pemilih, yaitu, pemilih berbasis keluarga, pemilih berbasis muda, pemilih berbasis pemula. Lalu ada juga pemilih berbasis perempuan, pemilih berbasis penyandang disabilitas, pemilih berbasis berkebutuhan khusus, pemilih berbasis komunitas.\"Nanti sasaran pemilih berbasis kaum marjinal, pemilih berbasis keagamaan, pemilih berbasis demokrasi, dan pemilih berbasis warga net,\" terangnya.

Ditambahkanya, pembukaan perekrutan Relawan Demokrasi dimulai tanggal 11 Januari 2019 dan berakhir pada 20 Januari mendatang. Dimana nantinya seluruh relawan akan diberikan bimbingan teknis tentang bagaimana tugas pokok fungsi mereka. tentunya mereka Relawan yang direkrut disesuaikan dengan basis pemilihnya saat mendaftar. Seperti untuk basis pemilih warganet, mereka harus memiliki setidaknya 2.000 pengikut di media sosial mereka. Selain itu syarat yang paling penting adalah mereka harus netral

“Semua disesuaikan dengan basis pemilih mereka saat mendaftar. Tetapi yang paling utama, mereka harus bersikap netral dalam Pemilu 2019 mendatang,\" ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Yuhardi SIP juga menambahkan, para relawan ini nantinya akan diberikan tunjangan sebesar Rp 750 Ribu setiap bulannya. Tentunya dalam menjalankan tugas usai dilantik nanti mereka memiliki panduan dan teknis dalam tugasnya. Sedangkan masa kerjanya akan berakhir hingga usai pencoblosan mendatang.

“Kini pendaftaran masih dibuka bagi yang minat silakan daftarkan diri ke KPU sesuai dengan persyaratan yang telah kami umumkan sebelumnya sampai hari ini sudah ada 19 orang yang mendaftar,” tandasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait