KPU Rekrut 55 Relawan Demokrasi

Senin 14-01-2019,15:05 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) membuka pendaftaran delawan demokrasi (Relasi) Pemilu 2019. Perekrutan ini berlangsung selama 5 hari, mulai dari 12 hingga 16 Januari 2019. Hal ini disampaikan Komisioner KPU Bengkulu Utara, Rama Diandri, kemarin.

Ia mengatakan KPU Bengkulu Utara merekrut sebanyak 55 orang yang mewakili 10 basis pemilih.  \"Ya, KPU Bengkulu Utara termasuk seluruh KPU kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu, diminta merekrut relawan demokrasi,\" kata Rama Diantari. Ia menjelaskan perekrutan ini dimulai dari pengumuman pendaftaran pada tanggal 11 hingga 14 Januari 2019.

Untuk penerimaan pendaftaran 12 hingga 16 Januari 2019. Selanjutnya, penelitian administrasi calon relawan demokrasi dilakukan pada tanggal 16 hingga 17 Januari 2019 dan pengumuman hasil penelitian ddministrasi 18 Januari 2019.

Untuk wawancara kompetensi calon relawan digelar 19 dan 20 Januari 2019 dedangkan untuk pengumuman hasil seleksi wawancara 21 Januari 2019. Selanjutnya akan dilakukan pembekalan pada 23 -24 Januari 2019. \"Perekrutan relawan demokrasi ini salah satu upaya KPU meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019,\" ujarnya.

Lebih lanjut Rama mengungkapkan, KPU Kabupaten Bengkulu Utara akan merekrut sebanyak 55 orang relawan demokrasi dari berbagai basis pemilih yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warga internet.

\"Kami akan mengupayakan di setiap kecamatan nantinya ada relawan demokrasi. Sehingga kerja-kerja sosialisasi akan massif dan terukur, Selain itu, KPU Bengkulu Utara punya target khusus terkait dengan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Ayo bergabung bersama KPU menjadi relawan demokrasi. Hal-hal yang kurang jelas bisa ditanyakan di Sekretariat KPU Kabupaten Bengkulu Utara, Jalan Prof M Yamin No 12 Arga Makmur,\" paparnya.

Disisi lain, Rama Diandri menuturkan bahwa pada hari pertama baru ada 4 orang yang mendaftar, sedangkan untuk hari kedua kemarin (13/1) dikarenakan hari libur, belum ada yang memasukan berkas.\"Untuk hari pertama sudah ada 4 orang yang mendaftar dan memasuki lamaran, sedangkan hari kedua karena libur jadi belum ada yang memasuki lamaran tersebut, namun kemungkinan besok (hari ini,red) akan banyak lagi yang memasuki lamaran,\" tandasnya.(127).

Tags :
Kategori :

Terkait