2019, Sabuk Pantai Dibangun

Senin 31-12-2018,12:31 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Harapan nelayan pasar Bawah agar dibangun pelabuhan atau sabuk pantai di areal pasar bawah sepertinya bakal terwujud. Pasalnya sudah ada respon dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). “ Insya allah, 2019 sabuk pantai di bangun di Bengkulu Selatan,”kata Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM.

Gusnan mengaku informasi tersebut juga didapatnya dar pihak balai Wilayah Sungai Sumatera VII Kementerian PUPR. Dana yang dianggarkan sesuai dengan usulan Pemda Bengkulu Selatan melalui dinas perikanan sebelumnya. “ Dana untuk pembangunan sabuk pantai ini sebesar Rp 11 Miliar yang bersumber dari APBN,” ujarnya.

Gusnan mengatakan, dengan akan dibangunnya sabuk pantai di pasar bawah dapat membantu nelayan untuk keluar masuk muara sungai Air Manna. Pasalnya selama ini, sering terjadi perahu nelayan karam di hantam ombak. Sebab pada muara sungai dangkal, sehingga perahu kesulitan masuk dan akhirnya disaat nelayan sedang berusaha menuju ke muara sungai, ombak besar datang dan menghantam perahu.

“ Semoga adanya pembangunan sabuk ini, ke depan tidak ada lagi perahu nelayan yang karam di hantam ombak,” harap Gusnan.

Gusnan juga menambahkan, dengan adanya sabuk pantai ini nanti, perahu yang bisa mendarat bisa lebih besar atau hingga dengan kapasitas 10 GT. Sebab selama ini perahu yang bisa masuk ke muara sungai hanya berkapasitas 3 GT.“ Adanya sabuk pantai bisa meningkatkan pendapatan nelayan, sebab mereka bisa menggunakan perahu lebih besar,” tutup Gusnan. (369)

Tags :
Kategori :

Terkait