Tingkatkan Pelayanan Melalui E-Planning

Jumat 21-12-2018,10:37 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Dalam rangka penyelarasan perencanaan pembangunan yang efektif, efisien dan akuntabel, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Bappeda dan Litbang Kabupaten Kaur, menggelar Sosialisasi Integrasi Perencana (E-Planning) di Aula Bappeda Kaur, Kamis (20/12). E-Planning merupakan sebuah sistem informasi berbasis website, yang dikembangkan untuk memfasilitasi proses perencanaan, pengendalian, dan evaluasi rencana kerja pembangunan daerah.

“E-Planning ini guna meningkatan efesiensi tata kelola Pemkab Kaur, dan juga sekaligus meningkatkan pelayanan publik,” kata Kepala Bappeda Litbang Kaur Ir Sulaiman saat membuka sosialisasi, kemarin (20/12).

Dikatakan Sulaiman, ini merupaka upaya pemerintah meningkatkan pelayanan adminsitrasi dan kinerja pemerintah. Juga ini sangat penting dalam penggunaan sistem ini dalam melaksanakan Rencana Anggaran Kerja (RKA) bagi OPD karena didalamnya sudah tersusun sasaran peningkatan pelayanan. Yakni berupa target capaian kinerja serta bagaimana pengorganisasian program dan kegiatan pelayanan perangkat daerah sesuai tupoksinya masing masing.

\"Dengan penerapan sistem e-planning dan juga dan Penganggaran (E-Budgeting) secara otomatis akan mewujudkan keselarasan dokumen perencanaan, hingga penganggaran di OPD sehingga target yang ingin dicapai dalam RPMJD mampu diwujudkan sesuai dalam rencana kerja tiap tahun,” ucapnya.

Ditambahkannya, dengan perencanaan seperti sistem tersebut sangat jelas sasaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan pelayanan, dan target capaian kinerja dalam OPD sehingga mendorong terciptanya pemerintahan berkualitas bersih.

“Ini lebih mengarahkan dan mengorganisasikan program dan kegiatan pelayanan perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya. Sehingga dibutuhkan kerja secara team work secara transparan dan akuntabel,” tandasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait