Pelayanan Publik Meningkat

Kamis 20-12-2018,17:01 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Masyarakat Boleh  Pinjam Mobnas Walikota

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kota Bengkulu semakin meningkatkan pelayanan kepada publik, tidak hanya sebatas melayani dengan ramah, tapi juga menghadirkan berbagai inovasi berbasis teknologi.  Berbagai inovasi itu, diantaranya Monitoring Center yang terhubung ke beberapa layanan aplikasi HD City dan HD Oto.

Wakil Walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi SE MM mengatakan, layanan informasi yang disajikan Monitoring Center merupakan janji kampanye Helmy-Dedy pada Pilwakot 2018 lalu.  Dengan adanya Monitoring Venter ini, pelayanan ke masyarakat akan dilakukan selama 24 jam non stop. Sehingga setiap informasi yang diterima dari masyarakat akan ditindaklanjuti segera.

\"Alhamdulillah kita sudah memiliki Monitoring Center yang terhubung dengan 35 CCTV di Kota Bengkulu, sehingga setiap kejadian terpantau secara real time,\" kata Dedy saat meresmikan Monitoring Center di kantor Dinas Pariwisata Kota Bengkulu, kemarin (19/12).

Tidak hanya memantau setiap aktivitas yang ada di Kota Bengkulu secara real time, Monitoring Center ini juga terhubung dengan Aplikasi berbasis Android dan IOS yaitu HD City dan HD Oto.  Melalui aplikasi HD City, masyarakat dapat melaporkan setiap keluhan dan kejadian secara langsung ke Pemkot Bengkulu. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan info seputar Kota Bengkulu sehingga seluruh kejadian bisa diakses hanya dengan satu aplikasi.

\"Aplikasi ini dirancang agar seluruh elemen masyarakat bisa bekerjasama dengan pemerintah, sehingga kemajuan Kota Bengkulu tidak hanya dilakukan oleh Helmi-Dedy saja, tapi juga masyarakat dan ASN-nya,\" terang Dedy.

Demi peningkatan pelayanan, Pemkot Bengkulu juga menghadirkan aplikasi HD Oto. Melalui aplikasi ini, masyarakat yang membutuhkan mobil ambulance dapat melakukan pemesanan lewat perangkat smartphone. Bahkan, Pemkot Bengkulu telah menyediakan sebanyak 24 ambulance dan pada 2019 akan ada penambahan 12 ambulance lagi yang siap memberikan pelayanan jasa antar jemput pasien ke rumah sakit. \"Kami berharap, masyarakat yang membutuhkan ambulance bisa mengakses aplikasi ini sehingga tidak ada lagi laporan ataupun keluhan terkait mobil ambulance di Kota Bengkulu,\" tutur Dedy.

Lebih lagi, hanya dengan mengakses aplikasi HD Oto, masyarakat juga bisa meminjam mobil dinas Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu. Sehingga setiap masyarakat Kota yang ingin meminjam mobil untuk keperluan kegiatan sosial ataupun pesta pernikahan, bisa langsung melakukan peminjaman melalui aplikasi HD oto ini.\"Kami berikan layanan pinjam pakai mobil dinas ini, karena sebenarnya mobil dinas tersebut adalah milik rakyat dan dibeli dari uang rakyat, jadi rakyat berhak menggunakan fasilitas tersebut,\" imbuh Dedy.

Tidak hanya itu, demi peningkatan layanan publik, Pemkot Bengkulu juga menyediakan wifi gratis bagi masyarakat. Setidaknya ada tiga titik wifi gratis yang bisa diakses masyarakat yaitu di Monitoring Center, Taman Nusa Indah, dan Smart City Telkom Bengkulu. Selain itu, akses wifi gratis ini rencana pada 2019 akan ditambah menjadi 10 titik lagi, sehingga program Internet Gratis di Bengkulu akan semakin terwujud. \"Bahkan, kami targetkan akan ada 100 titik wifi gratis untuk masyarakat Kota Bengkulu nantinya,\" tutup Dedy.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah SSTP MSi mengatakan, Monitoring Center ini sebagai upaya yang dilakukan Pemkot Bengkulu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dimana layanan akan dilakukan selama 24 jam dalam sehari secara bergantian yang diawasi oleh 4 orang operator dan ditambah beberapa orang dari media center Pemkot Bengkulu. \"Selain itu, demi peningkatan layanan, ke depan kami juga akan menambah jumlah operator yang menguasai IT agar pelayanan semakin maksimal,\" tutupnya.(999)

Tags :
Kategori :

Terkait