Terima 8 Unit Perontok Padi

Selasa 18-12-2018,12:09 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Kaur, kembali menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa 8 unit power thresher atau alat perontok padi dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Delapan unit mesin perontok padi ini telah tiba di halaman Dispertan Kaur, Senin (17/12). Rencananya segera dibagikan kepada 8 kelompok tani yang telah melengkapi persyaratan dan bersertifikasi.

“Bantuan mesin perontok padi ini dari Kementan, diharapkan dapat membantu petani menggunakan alat manual dalam perontokan padi,” kata Kepala Dispertan Kaur, Nasrul Rahman SHut MSi, kemarin (17/12).

Dikatakannya, delapan unit unit power thresher tipe TK PT1000-MK jenis kubota yang sudah ada itu nanti akan didistribusikan kepada kelompok tani diseluruh wilayah Kaur. Namun, sebelum didistribusikan, tentu harus melalui mekanisme yang telah diatur yakni masyarakat tani yang tergabung dalam poktan mengusulkan proposal ke Dispertan Kaur. Setelah itu baru dilakukan verifikasi dan diberikan bantuan mesin perontok padi.

“Untuk penerima nanti akan kita lakukan verifikasi terlebih dahulu, dan insya allah bantuan ini kita salurkan awal 2019 nanti. Bantuan ini diberikan secara gratis kepada Poktan masyarakat tani tanpa pungutan biaya,” terangnya.

Ditambahkannya, nanti pihaknya akan melakukan pendataan kelompok tani sebagai calon penerima calon lokasi (CPCL). Bantuan Alsintan dari pemerintah pusat ini berupa hibah, tetapi bersyarat. Kalau tidak bisa merawat bantuan itu sewaktu-waktu bisa ditarik dan dipindah tangankan ke kelompok tani lain. Diharapkan kedepan mesin ini dapat membantu petani, karena petani selama ini tidak menyadari dari proses konvensional perontokan padi ternyata menyebabkan banyak hasil yang terbuang dan tidak termanfaatkan.

\"Bantuan ini merupakan untuk mewujudkan swasembada pangan di Kaur tercapai, dan diharapkan dengan bantuan mesin perontok padi ini, maka produktivitas petani dapat meningkat dari sebelumnya,” harap Nasrul.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait