25 Desember DD Harus Tuntas

Jumat 14-12-2018,09:49 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kaur, menargetkan serapan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di daerah itu tuntas 100 persen pada 25 Desember 2018 ini. Sebab batas akhir pencairan tanggal 25 Desember 2018, untuk itu diminta kepada setiap desa agar segera menyelesaikan pekerjaannya.

“Rata-rata realisasi kegiatan dana desa di Kaur ini sudah mencapai 95 persen, dan mudah-mudahan sebelum akhir Desember ini selesai,” kata Kepala PMD Kaur Asmawi S Ag, kemarin (13/12).

Dikatakannya, ia berharap pemerintah Kecamatan untuk ikut aktif mendorong realisasi program dana desa tersebut agar secepatnya memberikan manfaat kepada masyarakat. Juga dalam pelaksanaan pembangunan desa apakah pelaksanaan pembangunan non fisik atau fisik, dilaksanakan harus sesuai dengan desain, Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan mekanisme pelaporan keuangan.

“Kalau realisasi tahap satu dan dua sudah selesai 100 persen, sekarang ini kita sedang berupayakan merampungkan tahap akhir yang tinggal sekitar 40 persen lagi,” ujarnya.

Ditambahkanya, ia mehimbauannya agar seluruh melengkapi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) DD dan ADD yang sudah digunakan. Termasuk pencairan pertama dan kedua sisa 40 persen yang dialokasikan untuk pembangunan di desa. Untuk saat ini sisa 40 persen dana DD sudah dicairkan, maka dari itu semua persyaratan adiminastarasi lainya harus segera dilengkapi.

“Dari 192 desa itu masih ada sekitar 10 desa lagi yang belum mencairan DD tahap akhir ini, dan kita minta kepada desa ini segera mencarian agar pelaksaan cepat selesai, ini sudah akhir tahun,” jelasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait