Banjir, Akivitas Belajar Terganggu

Jumat 07-12-2018,10:00 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress- Banjir akibat luapan Sungai Air Tube Desa Padang Genteng Kecamatan Kaur Selatan, mengganggu aktivitas sekolah. Sebab halaman dan beberapa ruang belajar SDN 41 yang terletak di Desa Padang Genteng Kecamatan Kaur Selatan itu terendam banjir. Meski demikian, aktivitas belajar mengajar para siswa yang sedang melaksanakan ulangan semester itu tetap berjalan seperti biasa.

“Meskipun sekolah kita banjir, aktivitas belajar siswa tetap berjalan, karena sekarang ini siswa kita sedang melaksanakan ujian semester satu,” kata Kepala Herman Edianto SPd saat ditemui Bengkulu Ekspress, kemarin (6/12).

Dikatakan Herman, banjir yang melanda SDN 41 Kaur ini terjadi Rabu (5/12) sekitar pukul 18. 30 WIB atau saat hujan deras menguyur wilayah Kaur. Kondisi ini sering terjadi ketika musim hujan berjalan lama. Dimana tingkat elevasi bangunan sekolah yang lebih rendah dari badan jalan serta tidak normalnya drainase air Tube menyebabkan air mengarah ke sekolah dan menyebabkan terjadinya genangan.

Akibatnya air hampir mencapai satu meter itu merendam enam ruangan belajar dan tata usaha. Namun memasuki pukul 05.00 WIB air sudah surut, dan pagi itu saat masuk sekolah, para siswa dan guru mulai membersihkan lokal-lokal sekolah.

“Banjir ini hampir setiap hujan deras, dan ini karena saluran pembuangnya terlalu kecil. Kami selalu minta kepada pemerintah untuk bisa mengatasi masalah ini, kalau bisa sungai itu dikeruk lagi agar tidak banjir,” harapnya.

Sementara itu, Camat Kaur Selatan Alimin Syafi’i S Pd, mengakui jika hujan lebat yang melanda Kabupaten Kaur Rabu (5/12) sore hingga malam itu telah menyebabkan SDN 41 Padang Genting dan beberapa rumah tergenang banjir karena luapan air Sungai Tube. Untuk mengatasi masalah ini akan mengusulkan kembali pengerukan air Tube tersebut.

“Dari sekian banyak rumah warga tergenang air tidak ada korban jiwa, dan banjir diberapa desa ini sudah langganan karena setiap hujan air sungai selalu meluap. Kedepan permasalahan ini akan kita cari solusinya agar tidak banjir lagi,” jelas Camat. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait