Perpus Tambah Jam Layanan

Senin 03-12-2018,16:32 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress- Guna mempermudah masyarakat Rejang Lebong dalam mengakses Perpustakaan Daerah (Perpusda), Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menambah jam layanan Perpusda Rejang Rejang Lebong. \"Saat ini kita memang telah menambah jam layanan Perpustakaan,\" sampai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Rahmandani.

Dijelaskan Rahmandani, saat ini pelayanan Perpusda Rejang Lebong dari pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB, bertambah dari sebelumnya dari pukul 07.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB setiap harinya.Penambahan waktu layanan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Rahmandani telah berdampak pada minat baca masyarakat Rejang Lebong sendiri.

\"Alhamdulillah dengan adanya tambahan jam layanan ini, jumlah kunjungan dan minat baca masyarakat juta meningkat,\" aku Rahmandani.

Menurut Rahmandani, hal tersebut terlihat dari jumlah pengunjung ke perpustakaan daerah yang menurutnya memang telah mengalami peningkatan. Bahkan menurut Rahmandani, saat ini pengunjung perpustakaan daerah Kabupaten Rejang Lebong tidak hanya didominasi oleh pelajar dan mahasiswa, namun juga sudah banyak dikunjungi masyarakat umum khususnya ibu-ibu rumah tangga.

\"Selain jumlah pengunjung kita yang meningkat, pengunjung juga saat ini sudah banyak dari kalangan umum seperti ibu-ibu rumah tangga,\" tambahnya.

Ibu-ibu rumah tangga yang datang ke perpustakaan daerah Kabupaten Rejang Lebong selain untuk membaca buku-buku resep juga banyak yang membaca bukul ilmiah dan lainnya terutama tentang manajemen.Kemudian menurut Rahmandani, untuk menambah minat baca masyarakat Rejang Lebong pada tahun 2019 mendatang, pihaknya sudah mengusulkan untuk dilakukan penambahan buku koleksi perpustakaan daerah.

Dimana menurutnya anggaran yang sudah disiapkan untuk menambah koleksi tersebut sebesar Rp 40 juta. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pembelian 1.000 exampler buku dengan jumlah judul bukunya sebanyak 500 judul.\"Tahun depan kita sudah menganggarkan untuk pembelian 1.000 exampler buku dengan total judulnya sebanyak 500 judul atau satu judul nantinya akan ada dua exampler buku,\" terang Rahmandani.

Tak hanya itu, pada tahun 2019 juga dengan mengunakan dana dari Dana Alokasi Umum, Dinas Perpustakaan dan Koperasi Daerah akan menambah gedung layanan perpustakaan daerah Kabupaten Rejang Lebong. Gedung tambahan sendiri menurutnya akan dibangun dibagian belakang gedung perpustakaan daerah Rejang Lebong saat ini dikomplek GOR Curup.

\"Untuk penambahan gedung akan kita laksanakan dua tahun berturut-turut dimana untuk tahun pertama ini bagian bawah dulu, kemudian pada tahun 2020 baru bagian atasnya,\" demikian Rahmandani.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait