Ada 25 Kuota Kuliah Gratis

Senin 26-11-2018,12:31 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Di tahun 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong kembali akan melanjutkan program beasiswa gratis bagi putra-putri Kabupaten Lebong yang berprestasi. Untuk tahun 2019 nanti, Pemkab Lebong menyediakan 25 kuota.

Sebelumnya, beberapa hari yang lalu secara resmi Pemkab Lebong melepas 8 mahasiswa/i terbaik yang mendapatkan kesempatan mengikuti perkuliahan yang dibiayai Pemkab Lebong selama 9 semester dari total kuota sebanyak 10 kuota yang disediakan.

Delapan mahasiswa/i yang mendapatkan program kuliah gratis di 4 universitas dan institut itu yakni, 3 orang kuliah di Universitas Bengkulu (UNIB), 2 orang kuliah di Universitas Sriwijaya, 1 orang kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu serta 2 orang kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan dan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, H Guntur SSos, mengatakan bahwa program kuliah gratis bagi anak-anak berprestasi di Kabupaten Lebong merupakan salah satu dari 16 program unggulan Pemkab Lebong. “Yaitu mencetak 150 sarjana, ini dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2016-2021,” jelasnya, kemarin.

Dengan program ini, nantinya para sarjana yang dikuliahkan oleh Pemkab Lebong, merupakan orang-orang yang nantinya akan ikut serta melanjutkan roda Pemerintahan Kabupaten Lebong yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.“Karena setelah mereka lulus dari perkuliahan, mereka akan mengabdi minimal 15 tahun di Kabupaten Lebong,” sampainya.

Akan tetapi nantinya mereka belum bisa langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun Pemkab Lebong akan menyampaikan data-data mereka (mahasiswa yang lulus dari program gratis) ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar mereka bisa diprioritaskan.“Itu pasti akan kita sampaikan, karena mereka merupakan orang-orang pilihan,” ujarnya.

Bagi anak-anak berprestasi Lebong yang mendapatkan kesempatan dikuliahkan oleh Pemkab Lebong, mereka akan dibiayai mulai dari biaya kuliah, biaya hidup serta biaya buku yang akan diberikan selama 9 semester.“Namun jika lebih dari 9 semester maka mereka (mahasiswa/i) tidak akan lagi dibiayai oleh Pemkab,’ tuturnya.

Dengan akan kembali dibukanya program kuliah gratis dari Pemkab Lebong di tahun 2019 mendatang, Guntur mengajak seluruh anak-anak berprestasi yang ada di Kabupaten Lebong, tanpa terkecuali. Untuk bisa memanfaatkan kesempatan ini, dengan kuliah dibiayai pemerintah dan nantinya bisa mengabdi untuk Kabupaten Lebong. “Program ini kita berikan kepada siapapun anak-anak di Kabupaten Lebong yang berprestasi,” ajaknya. (614)

Tags :
Kategori :

Terkait