DD Telah Masuk ke RKUD

Sabtu 17-11-2018,14:34 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Dana Desa (DD) tahap III Kabupaten Lebong sebesar Rp 27,3 miliar lebih yang selama ini masih mengendap di Rekening Kas Umum Nasional (RKUN), telah masuk ke RKUD Lebong.Sehingga masing-masing Desa yang selama ini telah melaporkan capaian realisasi keuangan, sudah terserap 75 persen dan capaian out put minimal 50 persen sudah bisa mencairkan DD tahap ke III.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Wuwun Mirza SE MT melalui Kepala Bidang (Kabid) Anggaran, Riswan Effendi MM menjelaskan, bahwa pihaknya saat ini tinggal menunggu proses pengajuan pencairan DD dari masing-masing desa.

“Kami tinggal menunggu kapan mereka siap maka akan dicairkan,” jelasnya, kemarin (16/11).

Saat ini pihaknya telah mempersiapkan SP2D sebagai berkas untuk melakukan pencairan bagi seluruh desa ke bank. Namun seluruh syarat pencairan harus dilengkapi terlebih dahulu. “Rekomendasi dari Dinas PMDS, Kecamatan serta penerbitan APBDes 2018,” ujarnya.

Untuk itulah, cepat tidaknya masing-masing desa mencairkan DD tahap ke III tahun 2018, tinggal tergantung dari masing-masing desa itu sendiri mempersiapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan. “Jika semuanya telah siap, maka silahkan datang,” ucapnya.

Pencairan DD tahap ke III tinggal 40 persen dari nilai pagu DD di tahun 2018 ini sebesar 68,3 miliar lebih. Sementara untuk Anggaran Dana Desa dengan nilai pagu sebesar Rp 42 persen. Dari total pagu DD dan ADD yang ada semuanya telah dibagi sebesar 20 persen pada pencairan tahap I dan 40 persen pada pencairan di tahap ke II, sehingga sisanya untuk pencairan tahap ke III sebesar 40 persen.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait