Tingkat Kemiskinan Turun 19%

Kamis 15-11-2018,15:20 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Tingkat kemiskinan masyarakat Kabupaten Kaur terus berkurang dalam setiap tahunnya. Penurunan kemiskinan ini terungkap dalam acara rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan kemiskinan Kabupaten Kaur tahun 2018 yang digelar di aula Bappeda dan Litbang Kaur Rabu, (14/11). Penurunan ini terjadi dari angka 21,54 % menjadi 19,60 % lagi di tahun 2018 ini. “Tentunya bagi kita ini suatu prestasi kita berharap di tahun 2019 mendatang terjadi pengurangan lagi nantinya,” kata Asisten II Bahrun Budiman SH MH saat membuka acara Rakor penanggulangan kemiskinan Kaur, kemarin (14/11).

Dikatakan Barun, ada empat kebijakan yang dilakukan dalam penanggulangan kemiskinan, empat kebijakan itu yakni perlindungan sosial, pembangunan akses pelayanan dasar, pemberdayaan dan pembangunan inklusif. Agar program penanggulangan dapat dilaksanakan maka harus dikeroyok secara bersama- sama atau lintas sektor.

“Masalah ini harus kita tanggulangi bersama sehingga kedepanya kesejahtraan warga terus meningkat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kaur, Ir Arbi yang menyampaikan materi tentang data strategis, potret kemiskinan Kaur. Menyampaikan bahwa tahun 2018 ini angka kemiskinan di Kaur mengalami penurunan. Besar kemungkinan, posisi Kaur tidak akan lagi menjadi kabupaten termiskin di Provinsi Bengkulu. Menurutnya kisaran penurunan angka kemiskinan kaur yakni dari 21,54 % di tahun 2017 turun menjadi 19,60 % di tahun 2018.

“Kita akui memang angka kemisinan di Kaur ini menurun, tapi data belum direalese secara resmi kami belum dapat menyampaikan angka pastinya. Tapi berdasarkan data kita sementara ini penurunan terjadi sekitar 19 persen,” jelasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait