KPP Gelar Edukasi Pajak

Senin 12-11-2018,16:19 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Sasar Pelajar dan Mahasiswa

CURUP, Bengkulu Ekspress- Guna memberikan pemahaman mengenai perpajakan kepada kalangan pelajar dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Curup menggelar kegiatan edukasi melalui program Pajak Bertutur. Kegiatan Pajak Bertutur yang dilaksanakan pada Jumat (9/11) pagi kemarin dilaksanakan KPP Pratam Curup ditiga lokasi yaitu SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan, SMKN 2 Rejang Lebong dan IAIN Curup.

Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Curup, Moh Makhfal Nasirudin, SE MA menjelaskan, kegiatan Pajak Bertutur yang mereka laksanakan ditiga lokasi tersebut merupakan bagian dari pekan inklusi pajak. \"Kegiatan pajak bertutur yang kita laksanakan ini bagian dari pekan inklusi pajak,\" sampai Makhfal.

Dijelaskan Makhfal, pekan inklusi pajak adalah pekan membaurnya petugas pajak dengan berbagai kalangan masyarakat termasuk pelajar dan mahasiswa, dimana menurutnya dalam pekan inklusi pajak tersebut mereka ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membayar pajak.

Dipilihnya kalangan pelajar dan mahasiswa dalam kegiatan pajak bertutur tersebut, karena menurut Makhfal para pelajar dan mahasiswa saat ini merupakan calon generasi emas dan calon pembayar pajak. Sehingga dengan diberikan edukasi mengenai pajak tersebut diharapkan bisa membangun kesadaran mereka sejak dini sehingga kesadaran mereka untuk mambayar pajak akan timbul sehingga berpartisipasi dalam membangun negeri karena saat ini pajak merupakan tulang punggung APBN.

\"Peran pajak saat ini sangat penting karena menjadi tulang punggung APBD, dimana 85 persen lebih sumber APBN kita dari pajak,\" sampai Makhfal.

Dalam kesempatan tersebut, menurut Makhfal pihaknya juga menanamkan semangat gotong royong dalam membangun negeri karena menurutnya dengan membayar pajak berarti ikut bergotong royong membangun negeri. Selain itu menurut Makhfal, kegiatan pajak bertutur yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tersebut juga merupakan bagian dari peringatan hari pahlawan. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan hari pahlawan karena para pembayar pajak merupakan pahlawan masa kini.

\"Kita laksanakan bertepatan dengan hari pahlawan, karena para pembayar pajak adalah pahlawan masa kini,\" sampai Makhfal.

Karena kegiatan yang mereka laksanakan terbatas dibeberapa lokasi dan pesertanya hanya sebanyak 60 orang di setiap lokasinya, Makhfal berharap agar peserta pajak bertutur bisa menularkan ilmu yang mereka dapat dari kegiatan pajak bertutur kepada kawan-kawan mereka yang tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara itu, Marzon Efendi SPdI Wakil Kepala SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup menyampaikan ucapatn terima kasihnya kepada KPP Pratama Curup Karena telah melaksanakan kegiatan pajak bertutur disekolah merekan.

Menurut Marzon kegiatan yang dilaksanakan KPP Pratama Curup tersebut sangat positif sekali bagi anak-anak khususnya pelajar SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan, karena dengan kegiatan tersebut para siswanya yang selama ini belum pernah tau mengenai pajak menjadi tahu.\"Kita juga berharap dengan kegiatan ini anak-anak kita yang menjadi peserta bisa menjadi pelopor untuk teman-teman sejawat dan menjadi generasi sadar pajak,\" harap Marjon.

Senada dengan yang disampaikan Marzon, Wakil Rektor III IAIN Curup, Dr H Lukman Asha MPdI juga mengungkapkan hal yang serupa. Dimana menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi para mahasiswanya yang haus akan ilmu pengetahuan.

\"Kami sangat bersyukur kepada tim dari KPP Pratama Curup yang telah berbagi ilmu mengenai perpajakan kepada kami, semoga ilmu yang disampaikan tersebut menjadi bermanfaat baik untuk mahasiswa kami maupun untuk negara kita,\" demikian Lukman.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait