Skor Tertinggi 411, Terendah 0

Rabu 31-10-2018,11:32 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

125 Peserta Tes CPNS Tak Hadir

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Persaingan masih sangat ketat untuk dapat lulus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Di hari kedua tes CAT di UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bengkulu, kemarin (30/1) yang terbagi 5 sesi sebanyak 2.150 peserta itu, tidak lebih dari 100 orang memenuhi passing grade. Sementara yang tidak hadir tes hari kedua itu ada sebanyak 125 orang. Sedangkan skor nilai tertinggi diketahui 411 dan terendah 0.

Pun demikian, hari ketiga dan ke empat masih akan dijalani oleh peserta CPNS lainnya yang belum melakukan tes CAT. Hasil sementara tes yang diketahui banyak gagal itu, dipastikan banyak juga formasi CPNS pemprov bakal kosong atau tidak terisi dengan CPNS yang lulus pasing grade. Atas hal itu, pemprov akan segera mengevaluasi jumlah formasi yang kosong tersebut. Mengingat pemprov sudah mendapatkan jatah 317 orang menjadi PNS.

Asisten III Setdaprov Bengkulu, H Gotri Suyanto mengatakan, formasi yang kosong itu akan dievaluasi. Termasuk akan mengusulkan kembali kuota CPNS, jika tahun depan tetap akan dilakukan rekrutmen CPNS. \"Yang kosong itu akan kita evaluasi, seperti apa nanti tindaklanjutnya,\" terang Gotri kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (30/10).

Dikatakannya, pemprov tetap akan menunggu keputusan akhir dari rekapitulasi jumlah PNS yang lulus atau masuk nilai passing grade. Sebab, yang lulus tes seleksi kompetensi dasar (SKD) masih akan melakukan proses tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Setelah itu nilai SKD dan SKB akan dilakukan penggabungan. Hasil peringkingan pun berlaku, untuk menentukan duduk atau tidaknya di jumlah formasi atau jabatan yang telah tersedia. \"Kita tunggu dulu hasil akhirnya,\" tegasnya.

Selama proses tes itu, pemprov dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan terus melakukan pengawasan. Hal itu untuk memastikan, proses tes tersebut berjalan lancar. Sebab, ada ribuan orang para pencari kerja, mengadukan nasibnya dalam tes CPNS tersebut.  \"Pengawasan terus kita lakukan. Kita ingin pastikan prosesnya berjalan lancar,\" papar Gotri.

Gotri juga meneskan, selama dua hari proses tes berjalan tidak ada kendala yang terlalu mengganggu proses tes. Komputer yang disediakan oleh pihak UPT BKN, semua berjalan baik. Bagitupun kita listrik padam, pihak panitia sudah mensiagakan mesin genset. \"Mudah-mudahan terus berjalan lancar,\" imbuhnya.

Untuk hari ketiga ini masih sama, ada lima sesi dengan jumlah masing-masing sesi 430 orang peserta. Tes CAT itu tetap dimulai dari pagi hari pukul 08.00 WIB sampai selesai. Kemudian dihari terakhir untuk kuota pemprov, hanya ada satu sesi dengan jumlah peserta sebanyak 151 orang. Setelah pemprov selesai, maka akan dilanjutkan untuk tes CPNS di pemda Seluma yaitu dari tanggal 1-3 November. Kemudian dilanjutkan lagi pemda Kepahiang 3-5 November, Bengkulu Utara 6-7 November, Bengkulu Tengah 7-8 November, Lebong 8-10 November dan Bengkulu Selatan 10-11 November.

\"Untuk peserta yang akan tes tetap fokus dengan soal dan jangan sampai terlambat. Termasuk jangan sampai luma membawa kartu peserta ujian dan KTP,\" pungkas Gotri. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait