Pelayanan Dukcapil Bakal Diubah

Jumat 19-10-2018,09:54 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu tahun 2019 bakal diubah. Pelayanan di Dukcapil bakal diubah seperti pelayanan di kantor perbankan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat nyaman saat mengurus administrasi kependudukan di Dukcapil.

\"Sesuai dengan arahan Pak Walikota agar menciptakan pelayanan publik yang nyaman untuk masyarakat, insya Allah Dukcapil tahun 2019 akan kita benahi,\" jelas Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi SE MM saat sidak ke Dukcapil Kota Bengkulu, kemarin (18/10).

Dikatakan Wawali, saat dirinya sidak pertama kali minggu lalu, dia melihat lantai di Dukcapil sangat kotor, saat sidak kali ini sudah ada perubahan. Wawali juga meminta agar Dukcapil menyediakan air minum di dekat ruang tunggu. Meski tidak semua masyarakat minum, tetapi air minum galon tersebut dirasa penting karena pasti dibutuhkan.

Yang harus dibenahi ke depan adalah ruang tunggu Dukcapil belum memiliki AC. Untuk merealisasikan hal tersebut perlu proses, karena saat ini listrik belum kuat jika AC diletakkan di ruang tunggu. Untuk sementara hanya ada kipas angin. Tahun depan, tempat pelayanan atau counter akan diubah seperti kantor perbankan. Tidak ada lagi berkas disusun di belakang ruang counter.

\"Tahun 2019 nanti counter akan kita ubah seperti kantor perbankan. Suasana dingin, tertata rapi, karyawan tidak boleh marah-marah,\" imbuh Wawali.

Berkaitan dengan dugaan pungli yang dilakukan oknum di luar Dukcapil Kota Bengkulu, Wawali mengaku sudah berkoordinasi dengan Kadis Dukcapil dan Inspktorat. Hasilnya, pelayanan tidak diperbolehkan di luar kantor Dukcapil. Artinya untuk mengurus dokumen dan berkas kependudukan harus disiapkan semua di depan counter. \"Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi peluang pungli,\" pungkas Wawali.(167)

Tags :
Kategori :

Terkait