Awasi Orang Asing

Kamis 18-10-2018,15:26 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kaur bersama tim pengawasan orang asing (Timpora) Kabupaten Kaur intensif melakukan pengawasan keberadaan orang asing masuk ke Kabupaten Kaur. Seperti kemarin (17/10), Timpora melakukan peninjauan di dua tempat rumah singgah Desa Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan.

“Dari hasil pemeriksaan kita mereka (orang asing ini) hanya sebagai wisatawan dan juga ada relawan pengajar di SMA 10 Pentagon, untuk dokumen mereka lengkap,” kata Kasubag TU Kesbangpol Kaur, M Taupik SSos, kemarin.

Dikatakan Taupik, pengawasan keberdaan orang asing di tempat wisata dan tempat perusahaan di Kaur ini, guna mengantisipasi Tenaga Kerja Asing (TKA) yang terselubung di Kaur. Juga pihaknya telah membuat surat edaran kepada seluruh Camat dan Kepala Desa yang ada di wilayah Kaur terkait TKA keberadaan orang asing yang ilegal masuk ke Kaur.

“Sampai saat ini kita belum temukan orang asing ilegal, dan kita berharap kepada Camat dan Kades, dan pengelola wisata apabila ditemukan TKA di wilayahnya masing-masing, diharapkan agar dapat selalu memberikan pengawasan dan melaporkan ke dinas terkait, ini guna mengantisipasi hal-hal tidak dinginkan,” terangnya.

Sementara itu, pengelola rumah singgah Mattahirin juga menyampaikan ia memastikan keberadaan orang asing itu hanya berlibur untuk berwisata ke Kaur. Juga pendirian rumah singga ini dilakukannya untuk membuka penginapan wisata di Pengubaian.

“Mereka (orang asing) ini hanya berwisata saja, dan saya pastikan mereka akan menjaga norma-norma di masyarakat. Juga saya berharap dukungan semua pihak dalam pengelohan wisata Pengubaian ini,” harapnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait