Tes CPNS Bisa Saja di Kaur

Kamis 18-10-2018,15:04 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur hingga kemarin (17/10) belum bisa memastikan apakah tes CPNS tahun ini akan dilangsukan di Kota Bengkulu atau tempat lain. Sebab belum ada petunjuk terkait dengan hal ini. Namun tidak menutup kemungkinan akan di gelar di Kabupaten Kaur, hal ini mengingat saat ini jaringan internet di Kabupaten Kaur sudah berfungsi dengan baik. Selain itu, saat ujian nasional berbasis komputer (UNBK) saat ujian tingkat SMA sudah berhasil dilakukan di Kaur.

“Untuk tempat tes CPNS kita masih menunggu petunjuk, tapi ini bisa saja diselengarakan di Kaur sebab Kaur sendiri ada beberapa sekolah yang sudah bisa UNBK dengan menggunakan metode Computer Basic Tes (CBT),” kata Plt Kepala BKD PSDM Kaur Asman Suhadi SP melalui Kabid Mutasi Pengadaan dan Pemberhentian BKD PSDM Kaur, Yusi Noprianti SE. kemarin (17/10).

Dikatakan Yusi, seperti tes CPNS beberapa tahun sebelumnya, tes CPNS kali ini tidak lagi menggunakan sistem manual. Dimana setiap peserta diwajibkan mengikuti berapa seleksi yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetesi bidang (SKB). Juga untuk ujiannya menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Nah untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan nanti, maka peserta saat SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade). Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No 37/2018 tentang nilai ambang batas.

“Jika tes diselenggarakan di Kabupaten Kaur, ada beberapa tempat yang bisa digunakan yakni SMAN 1 Kaur, MAN 1 Kaur dan juga SMAN 10 Pentagon. Tiga sekolah ini bisa menampung peserta dalam satu sekolah di atas 100 orang dalam satu sesi,” terangnya.

Ditambahkannya, menyikapi hal ini BKD akan melakukan rapat kembali dengan BKD PSDM Bengkulu dan tentunya menunggu petunjuk lebih lanjut. Jika nanti tes diselenggarakan di Kota Bengkulu, kemungkinan besar akan diselenggarakan di Universitas Bengkulu. Selain menampung kapasitas peserta banyak, juga internet dan jaringan yang sudah lengkap.

“Harapan kita tentunya tes di Kabupaten Kaur, selain mudah dikontrol, juga mempermudah para peserta dan tentunya peserta sendiri yang akan diuntungkan,” tandasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait