20 Warga Dilatih Olah Kelapa

Jumat 12-10-2018,13:10 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kaur terus memberikan pengetahuan sejumlah industri kecil menengah (IKM). Salah satunya dengan memberikan pelatihan pengelolaan kelapa. Hasilnya selama tiga hari hingga kemarin 20 peserta yang diberikan pelatihan sudah bisa mengubah kelapa yang berharga jual rendah menjadi berbagai produk bahan baku kelapa berharga jual tinggi.

“Disini kita mendatangkan inspektur pelatih dari Jakarta yakni bapak Deli Gunarsa, dengan bimbingan dari beliau harga kelapa yang hanya bermodalkan beberapa ratus ribu, bisa kita jadikan hingga jutaan rupiah,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kaur melalui Kabid Perindustrian Harika SE kemarin, (11/10)

Dikatakannya, dalam pelatihan itu ada beberapa produk yang berhasil dibuat oleh bahan baku kelapa yakni Serundeng kelapa, Vco kelapa, Coconut sering, Coconut Syrup, Kecap Kelapa, Sambal Balado, Minyak Telon, Tepung Kelapa, Minyak Kelapa Sehat, dan Biskuit kelapa, serta Kue Kering Kelapa.  “Kita berikan pelatihan mulai dari produksi pengemasan hingga teknik pemasaran, harapan kita pulang dari sini para UKM dapat membuat usaha baru yang berbahan baku kelapa,” terangnya.

Ditambahkannya, pemilihan kelapa sebagai bahan baku, hal ini lantaran di Kabupaten Kaur masih sangat mudah didapatkan. Juga harganya tidak terlalu mahal. Sedangkan harga jual dari hasil pengelolaannya cukup tinggi, sehingga sangat cocok dikembangkan di Kabupaten Kaur. Apalagi saat ini tak ada IKM khusus yang mengelola kelapa menjadi usaha utamanya.

“Kita ingin para IKM untuk dapat menciptakan inovasi baru dalam produk-produk yang berbahan baku kelapa sebab ini sangat menjanjikan untuk di kembangkan,” tandasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait