Air Limbah Tidak Semuanya Berbahaya.

Kamis 11-10-2018,12:30 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Lantaran banyaknya industri kecil atau industri rumahan dikawasan Kota Arga Makmur berada berdekatan dengan rumah-rumah warga. Terutama pada industri di Kelurahan Purwodadi, warga merasa terganggu terhadap bau dari aliran drainase yang berada dibelakang rumah warga. Pasalnya menurut warga sumber bau tersebut disebabkan oleh 6 industri tahu dan tempe yang kerap membuang limbahnya di aliran drainase tersebut.

Menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Drs H Akmaludin menjelaskan permasalahan limbah berdasarkan baku mutu air limbah, secara kasat mata limbah cair memang terlihat hitam dan kerap mengeluarkan bau yang tidak sedap.

\"Masyarakat awam selalu menganggap limbah berwarna hitam dan berbau pasti berbahaya. Namun tidak semua limbah berwarna hitam dan bau melebihi baku mutu,\" jelasnya.

Hal tersebut menurut Akmaludin dikarenakan dalam penentuan limbah melebihi baku mutu, harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu dari laboratorium.

\"Baku mutu limbah merupakan batas kadar yang diperbolehkan bagi zat atau bahan pencemaran ke dalam sumber air. Sehingga tidak mengakibatkan dilampauinya baku mutu air tersebut,\" terangnya.

Akmaludin mengakui terkait masalah banyaknya industri rumahan yang membuang air limbah, sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat ke pihak instansinya.

\"Bila ada masyarakat melaporkan pihak kita akan langsung mengecek lokasi limbah teraebut dan mengambil sampel, apakah limbah melebihi baku mutu atau tidak,\"tukasnya.(cw1)

Tags :
Kategori :

Terkait