Dana BOP Belum Cair

Senin 08-10-2018,10:14 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

165 PAUD Tunggu Perbup

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 165 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menyebar di 195 desa dan kelurahan, masih menunggu kucuran dana Bantuan Operasional Paud (BOP). Sebab hingga awal Oktober ini dana yang dijanjikan oleh pemerintah sebesar Rp 650 ribu persiswa pertahun itu belum kunjung dikucurkan.

“Dananya sudah masuk ke rekening kas daerah (Kasda) tapi belum dikucurkan, kita masih menunggu peraturan bupati (Perbup) yang masih dilakukan perbaikan,” kata Kabid PAUD dan Bidang Pendidikan non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur, Gusti Arsyah SPd beberapa hari lalu.

Dikatakannya, belum selesainya Perbup itu lantaran masih dilakukan beberapa perbaikan, hal ini dilakukan agar nantinya pengucuran dana itu tepat sasaran. Jangan sampai nantinya dana dikucurkan di tempat yang tidak sesuai sehingga bermasalah dikemudian hari. Dalam hal ini pihaknya hanya membantu menyalurkan, nantinya alokasi dana itu akan mulai dikucurkan ke rekening PAUD masing-masing.

“Jadi bantunya mirip dengan BOK yang sudah berapa tahun dikucurkan oleh pemerintah, namun untuk BOP ini, ini baru pemula tahun ini sehingga harus dilakukan ekstra hari-hati jangan smapoai nanti ada kesalahan,” terangnya.

Ditambahkan Gusti, untuk mewujudkan itu pihaknya perlu melakukan verifikasi sejumlah sekolah untuk memastikan dana yang dikucurkan benar-benar sesuai dengan petunjuk teknis penyalurannya. Sehingga harapannya kedepannya dalam penyaluran tak terjadi kesalahan yang berarti.

Mengingat BOP merupakan satu satunya pemasukan PAUD untuk mengembangkan PAUD nya masing-masing.  “BOP ini juga bisa digunakan untuk beli alat permainan termasuk juga membayar honor guru PAUD sesuai dengan petunjuk yang ada,” tandasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait