Tahun Depan, Busway Masuk Tengah Kota

Senin 08-10-2018,09:55 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menghadirkan angkutan bus khusus jalur wisata Pantai Panjang. Setidaknya ada 5 unit bus yang disiapkan untuk mengangkut penumpang di tempat pemberhentian sepanjang Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Untuk koridor satu, bus bernama Trans Rafflesia Bengkulu ini melayani rute Betungan, Simpang Kandis, Lapangan Golf, Jalan Jenggalu, Pantai Panjang, Tapak Paderi, Pasar Bengkulu hingga ke Pasar Pedati. Layanan mengangkut penumpang tersebut gratis sampai akhir tahun 2018 ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Ir Budi Djatmiko MM mengatakan, untuk tahun depan busway itu akan masuk ke tengah kota.

\"Kemenhub akan mengirimkan 5 unit bus lagi untuk melayani rute tengah kota,\" terang Budi kepada Bengkulu Ekspress usai melaunching Bus Rapid Transit (BRT) Trans Rafflesia Bengkulu, di depan lapangan Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, kemarin (7/10).

Sedangkan koridor dua dan tiga akan melewati jalur utama dalam kota dan menyasar wilayah keramaian, seperti pusat pembelanjaan, kesehatan hingga pusat pendidikan. Sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan akses tranportasi. Untuk tarif sendiri, sekali jalan rencananya akan dikenakan Rp 3 ribu per penumpang.

\"Shelter pemberhentian akan dibangun berdasarkan analisis kebutuhan. Nanti akan ditentukan dulu titik-titiknya,\" paparnya.

Untuk busway yang telah beroperasi sekarang, lanjutnya, mulai jalan dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Rencananya 5 unit bus ini akan beroperasi pulang pergi sebanyak 6 kali sehari. Operasional bus yang beroprasi gratis itu selama 90 hari telah dibiayai oleh pemerintah melalui APBD 2018 sebesar Rp Rp 652 juta.

\"Untuk sementara, kita gratiskan karena pemerintah yang bayar. Jadi, silahkan nikmati angkutan itu. Karena memang angkutan ini lebih nyaman dan tentunya aman. Ini juga bentuk kado HUT emas Provinsi ke-50 tahun,\" ungkap Budi.

Sementara itu, Dirut Damri Provinsi Bengkulu, Setia N Milatia mengatakan, berkaca pada kota-kota besar lainnya, kehadiran moda transportasi umum seperti ini agak terlambat di Bengkulu. Sehingga masyarakat lebih suka menggunakan kendaraan pribadi yang pada akhirnya menciptakan kemacetan.

Untuk itu, Kehadiran Trans Rafflesia di Bengkulu ini diharapkan dapat memberikan pelayanan transportasi yang aman dan nyaman sehingga masyarakat akan lebih suka menggunakan transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi.\"Kehadiran transportasi umum sudah saatnya dirasakan oleh masyarakat,\" tutur Setia.

Di sisi lain, Asisiten II Setdaprov Bengkulu, Hj Yuliswani SE MM mengatakan, hadirnya bus ini tidak lain untuk memudahkan masyarakat mendapatkan transportasi. Termasuk juga untuk menarik wisatawan datang. Dengan pelayanan nyaman dan infrastruktur memenuhi, maka wisatawan akan betah tinggal di Bengkulu.

\"Di jalur pariwisata tentu akan menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Bengkulu,\" ungkap Yulis. Ia mengatakan, pemprov akan terus mendorong agar Bengkulu terus dapat hibah bus dari pemerintah pusat. Sehingga bisa menjangkau seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu.

\"Ke depan kita akan terus dorong. Agar transportasi di Bengkulu itu aman, nyaman dan tentunya bisa menjangkau semua wilayah,\" tandasnya. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait