Masa Pendaftaran CPNS Diperpanjang

Kamis 04-10-2018,11:24 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pemerintah akhirnya menyikapi masih minimnya jumlah pendaftar CPNS baru tahun ini. Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Selasa malam lalui (2/10) memutuskan memperpanjang masa pendaftara CPNS. Dari semula sampai 10 Oktober, diperpanjang hingga 15 Oktober.

Pendaftaran CPNS tahun ini dibuka sejak 26 September lalu. Sampai kemarin sore pukul 16.00 WIB jumlah pelamar yang menyelesaikan proses pendaftaran CPNS berjumlah 632.933 orang. Dari jumlah tersebut ada 142.041 orang pelamar yang sudah diverifikasi oleh instansi yang dituju.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan tahap awal pendaftaran cpns di website sscn.bkn.go.id adalah membuat akun. Sampai kemarin pukul 16.00 WIB jumlah pembuat akun mencapai 2.844.551 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.129.212 orang sudah memilih instansi yang dituju.

Ridwan lantas menjelaskan alasan BKN memperpanjang masa pendaftaran CPNS. Dia menuturkan keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan kondisi terkini. ’’Misalnya ada beberapa daerah di Indonesia diantaranya yang terkena dampaik bencana,’’ jelasnya.

Alasan berikutnya adalah sampai saat ini belum seluruh instansi yang mendapatkan kuota CPNS baru, tersedia di website sscn.bkn.go.id untuk dilamar. Data BKN menyebutkan baru sekitar 93 persen instansi yang sudah siap dilamar secara online di website tersebut.

Selain itu Ridwan mengatakan ada beberapa ketentuan baru. Seperti adanya perubahan persyaratan, dimana awalnya hanya menerima akreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi). Tetapi kemudian direvesi sehingga menerima juga akreditasi dari Pusdiknakes atau LAM-Ptkes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan).

Ridwan berharap keputusan perpanjangan waktu ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Bagi masyarakat yang sudah menetapkan ingin melamar di instansi tertentu, tetapi belum muncul di website pendaftaran, diharapkan sabar menunggu.

Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menututurkan perubahan jadwal rekruitmen CPNS itu diharapkan bisa memberikan dampak yang positif pada proses pencarian calon aparatur sipil negara. Tapi, dia memberikan catatan mestinya perencanaan rekrutmen itu harus disusun lebih komperhensif lagi sebelum disampaikan kepada publik. Perencanaan tersebut juga harus lebih teliti dan cermat dengan memperhatikan berbagai hal.

”Sehingga ketika jadwal sudah disampaikan ke publik tidak ada perubahan lagi. Mudah-mudahan ini perubahan terakhir,” ujar dia usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla, kemarin.

Politisi partai Gerindra itu menilai salah satu peubahan jadwal itu lantaran ada pergantian dari menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Men PAN RB). Yakni dari Asman Abnur kepada mantan Wakapolri Syafruddin.

”Mungkin menteri yang baru punya terobosan-terobosan yang beda dengan yang sebelumnya. Ya kami hormati dan hargai,” imbuh dia.

Dia menjelaskan dalam rapat-rapat di komisi II dengan Kementeiran PAN RB rekturtmen CPNS itu dibahas berulang kali. Legislator menekankan agar rekturmen itu harus sesuai dengan undang-undang. Terutama harus menjaga prinsip transparan dan berkadilan. ”Yang dapat menghasilan PNS yang memiliki dedikasi, integritas, dan kompetensi sehingga memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan bangsa,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK), Dei Natali Handy mengatakan sampai saat ini jumlah pelamar CPNS Pemprov Bengkulu sudah meningkat secara signifikan. Setidaknya ada 800 pelamar yang sudah resmi mendaftar secara online. Untuk yang menyerahkan berkas sudah ada sebanyak 42 orang. Jumlah pelamar itu sudah melebih kuota yang ada di Pemprov Bengkulu sebanyak 317 CPNS. \"Kalau yang melamar jumlahnya sudah banyak, hari ini (kemarin,red) kita totalkan ada 800 orang yang mendaftarn,\" tambah Dei.

Dari 800 orang yang mendaftar itu, paling banyak formasi yang dilamar ialah tenaga teknis untuk jurusan S1 komunikasi dan managemen. Sementara untuk formasi guru dan tenaga kesehatan masih sedikit yang melamar. Namun demikian, untuk melihat secara detail, BKD Provinsi belum memferivikasi masing-masing formasi yang dilamar.

Dei menegaskan, BKD baru akan menggelar rapat secara teknis dalam memferivikasi berkas yang masuk. \"Belum kita cek satu persatu. Mudah-mudahaan dalam waktu dekat sudah kita mulai. Termasuk memeriksa mana yang tidak lengkap,\" imbuhnya.

Untuk penyerahaan berkas ke BKD Provinsi, Dei menegaskan memberikan kelonggaran bagi pelamar. Sebab, terakhir penyerahaan berkas pendaftaran itu diberikan waktu sampai tanggal 16 Oktober. Untuk itu, bagi pelamar yang telah teregister untuk segera bersiap-siap menyerahkan berkas pendaftaran. Sebab, jika berkas tersebut tidak diserahkan, maka dipastikan pelamar tersebut akan dicoret, atau dinyatakan tidak lengkap pendaftaran. \"Ya kalau tidak diserahkan, artinya tidak memenuhi syarat. Untuk itu, jangan sampai tidak mengirimkan berkas pendaftaran,\" tandas Dei.

CPNS Batal, Pemkot Siapkan Peluang Kerja

Pemerintah Kota Bengkulu mempersiapkan peluang-peluang kerja bagi warga Kota Bengkulu. Hal ini salah satu solusi dibatalkannya pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Di 5 tahun kedepan kepemimpinan Helmi-Dedy telah banyak menjalin kerjasama dengan para investor yang mendirikan perusahaan di Kota Bengkulu, dan salah satu komitmen penting dalam kerjasama itu adalah wajib menyerapkan tenaga kerja lokal lebih 60 persen.

Dijelaskan Wakil Walikota, Dedy Wahyudi SE MM bahwa pihaknya akan mengenjot investasi di kota seperti salah satu perhotelan jaringan nasional yakni Hotel Mercure yang saat ini masih dalam proses pembangunan di kawasan Tanah patah, kemudian Trans corp juga sedang menjajaki investasi di Bengkulu, kemudian akan ada pembangunan pabrik minyak kelapa sawit di daerah Betungan, kemudian rencana Plt Gubernur bersinergi dengan pemda kota dalam mendirikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan Pulau Baai. \"Nah, jadi ada banyak peluang. Terus kami juga mengajak anak-anak muda Bengkulu agar tidak berorientasi kepada CPNS minded,\" ujar Dedy, kemarin (3/9).

Ia memastikan proses kerjasama dengan pihak investor ini akan membawa manfaat dan menguntungkan masyarakat Kota Bengkulu terutama peluang kerja. Tak sebatas itu, program Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake) juga akan dilanjutkan dan disempurnakan lagi sebagai modal kerja bagi masyarakat yang ingin membuka usaha. \"Jumlah pengangguran mungkin lebih banyak dibanding kuota CPNS, jadi kalau CPNS tetap dilakukan pasti tidak mungkin tertampung juga semuanya. Maka kita ciptakan lapangan kerja baru, menyesuaikan dengan kondisi ekonomi kita saat ini,\" sampainya.

Hal yang sama juga sempat disampaikan oleh Walikota H Helmi Hasan SE dalam acara Coffe Morning bersama stake holder yang digelar, kemarin (3/9), dimana dirinya masih meyakini mampu mengentaskan tingkat pengangguran di Kota Bengkulu dengan program Samisake, karena selain menjadi akses permodalan masyarakat yang ingin berusaha juga berefek terhadap terciptanya lapangan pekerjaan.

\"Targetnya adalah Rp 67 miliar APBD itu akan diberikan kepada masyarakat,bukan kepada lurah dan camat, tetapi kepada Lembaga Keuangan Mikro yang sudah berpengalam 2 tahun simpan pinjam, sehingga kemungkinan dana itu bermasalah menjadi kecil,\" terang Helmi.

Dalam hal ini pihaknya lebih menginginkan agar masyarakat menjadi produktif dan kreatif, sehingga pemerintah siap untuk memberikan akses permodalan dengan kemudahan-kemudahan dalam proses peminjamannya. (805/151)

Tags :
Kategori :

Terkait