PMD Singkronkan Pogram Desa dengan Kabupaten

Rabu 03-10-2018,09:35 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress- Dalam upaya mengsinkronkan visi dan misi Kabupaten Rejang Lebong dengan 122 desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) Rejang Lebong akan melakukan burna inovasi desa.

\"Untuk mengsingkronkan visi dan misi kabupaten dan desa, dalam waktu dekat ini kita akan menggelar bursa inovasi desa,\" terang Kepala Dinas PMD Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah SSos melalui Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa Bobi Harpa Santana.

Dijelaskan Bobi, dengan adanya bursa inovasi desa ini maka menurutnya diharapkan penggunaan dana desa yang ada di 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong bisa sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

\"Dalam program bursa inovasi desa ini, kita telah membentuk tim inovasi kabupaten bersama 11 OPD terkait,\" terang Bobi.

Kemudian menurut Bobi, selain ada tim ditingkat kabupaten, pihaknya juga telah membentuk ditingkat kecamatan dinamakan tim informasi kecamatam (TIK) beranggotakan lima orang dan tim inovasi desa (TID) beranggotakan delapan orang unsur masyarakat.

Dalam pelaksanaanya, TIK dan TID akan menyusun masterplan kegiatan dimasing-masing desa dengan melihat potensi yang ada disetiap desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Ia mencontohkan terkait dengan pengembangan kawasain wisata Danau Mas Harun Bastari, pemerintah desa telah melakukan pelatihan bahasa ingris kepada warganya, sehingga saat ada wisatawan mancanegara yang datang nantinya masyarakat sudah bisa berkomunikasi dan bisa menjadi pemandu wisata.

\"Pentingnya pemberian kursus bahasa asing bagi desa-desa kawasan penyangga wisata di sekitar Danau Mas Harun Bestari (DMHB) seperti Desa Karang Jaya, Mojorejo, Sumber Bening dan Sumber Urip, karena lokasi ini akan dijadikan tempat pelaksanaan festival garden flower pada 2020 mendatang,\" jelasnya

Kegiatan bursa inovasi desa ini, menurut Bobi sudah memasuki tahun kedua, kare atahun 2017 lalu sudah mereka mulai. Ia berharap dengan adanya program bursa inovasi desa ini bisa mengembangkan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sesuai dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Selain itu, menurut Bobi sebelum dilaksanakannya Bursa Inovasi Desa yang rencananya akan dilaksanakan di Gedung Diklat Danau Mas Harun Bastari, pihaknya lebih dulu melaksanakan pra Bursa Inovasi Desa ditingkat desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait