Lebong Terima 95 Unit Alsintan

Jumat 28-09-2018,08:20 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 95 unit Alat dan mesin pertanian (Alsintan) bantuan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Bengkulu, diberikan untuk Kelompok Tani (Pokatan) yang ada di Kabupaten Lebong. Pemberian Alsintan tersebut untuk mendukung Kabupaten Lebong menjadi Kabupaten pemasok beras yang sebelumnya pernah menjadi Kabupaten yang surplus beras.

Penyerahan sendiri langsung diserahkan oleh Pelaksa tugas (plt) gubernur Provinsi Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA yang diwakili oleh Kepala Dinas Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Ir Ricky Gunarwan, kepada poktan penerima di kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, kemarin (27/09) secara simbolis kepada 7 dari 27 poktan yang akan mendapatkan bantuan alsintan hentraktor.

Dari jumlah 95 unit alsintan bantuan terdiri dari 87 Alsintan dari Kementrian Pertanian yang diserahkan masing-masing yaitu hentraktor roda dua sebanyak 46 unit, pompa air sebanyak 3 unit, Handsprayer sebanyak 13 unit, rice transplater 1 unit, alat tanam jagung 14 unit, cultivator 10 unit.

Sementara bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja daerah (APBD) Provinsi Bengkulu yaitu Hentraktor roda dua sebanyak 4 unit, powerthreses sebanyak 1 unit. Selanjutnya pinjaman dari dinas tanaman pangan hortikultura dan perkebunan Provinsi Bengkulu kepada Dispertan Lebong untuk penguatan brigade alsintan berupa traktor roda 4 sebanyak 1 unit dan pompa air sebanyak 2 unit. Dari jumlah tersebut, hentraktor dibagikan kepada poktan, namun sisah alsintan akan dibrekadekan di Dinas Pertanian dan Perikakan Kabupaten Lebong dan akan dipinjamkan kepada para petani yang membutuhkan.

Dari jumlah 50 hentraktor yang diberikan, sebanyak 27 unit dibagikan di tahap pertama, selanjutnya sisahnya akan diserahkan di tahap selanjutnya. Sementara untuk 4 unit akan dibrekadekan di Dinas Pertanian dan Oerikanan kabupaten Lebong.

Kepala Dinas Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Ir Ricky Gunarwan, mengatakan bahwa untuk saat ini alsintan yang diserahkan masih bersifat aset pemerintah, namun kedepan alsintan yang telah diserahkan akan dijadikan hiba kepada penerima Poktan yang memiliki semangat untuk bertani namun terkendala oleh modal dalam kepemilikan alsintan.

“Untuk itulah pemerintah pusat, provinsi dan anggota dewan menganggarkan pemberian alsintan kepada poktan,” jelasnya, kemarin (27/08)

Dengan dibagikannya Alsintan baik dari APBN maupun APBD Provinsi Benkulu , diharapkan dapat mengatasi sebagaian permasalahan yang dialamipara petani. Dengan alsintan ini dapat meningkatkan produksi dan produktivitas yangmenjamin ketahanan pangan, meningkatkan pendapatan.

“Sehaingga berujung akan meningkatkan kesejahteraan para petani,” sampainya.

Sementara itu, Bupati Lebong H Rosjonsyah Sip Msi, mengatakan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Lebong, mengucapkan terima kasih keapada Kementrian Pertanian dan pemerintah Pusat serta angota Dewan Provinsi yang telah menyalurkan alat-alat pertanian.

“Karena alsintan yang diberikan sangat dibutuhkan para petani di Kabupaten Lebong,” ucapnya.

Dengan bantuan alsintan ini, Bupati mengingatkan kepada seluruh Poktan sifatnya pinjam pakai, sehingga alsintan tersebut tidak diperbolahkan untuk diperjual belikan. Dimana dalam pinjam pakai ini telah dibuat perjanjian antara poktan dan Dispertan. “Jangan sekali-kali mencoba untuk menjual alsintan yang telah diberikan,” tegas bupati (614)

Tags :
Kategori :

Terkait