Pendaftaran CPNS 15 Hari

Rabu 19-09-2018,09:59 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Hari Ini Sebatas Pengumuman

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Badan Kepegawaian Negara (BKN) meluruskan informasi terkait pendaftaran CPNS baru 2018. Sebelumnya banyak beredar bahwa pengumuman lowongan sekaligus pendaftaran dibuka mulai hari ini (19/9). Ternyata untuk hari ini hanya sebatas melihat lowongan formasi serta persyaratan dan alur pendaftaran CPNS.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan bahwa agenda 19 September baru sebatas pengumuman. Untuk penetapan  tanggal pendaftarannya, akan diumumkan lebih lanjut. Dia berharap seluruh formasi di instansi pusat maupun daerah bisa diumumkan hari ini sekalian. Sehingga masyarakat bisa sekaligus melihat kuota atau formasi di instansi yang diinginkan.

Di daerah, contohnya di Malang, sudah ada masyarakat yang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di kantor polisi. Mereka mengurus SKCK tersebut karena ada kabar bahwa salah satu syarat pendaftaran CPNS adalah SKCK.

Ridwan mengatakan syarat pendaftaran CPNS adalah scan ijazah terakhir, foto, KTP, KK, transkrip nilai, dan bukti akreditasi jika ada. ’’Nampaknya ini saja. Lainnya setelah dinyatakan lulus (seleksi, Red),’’ katanya kemarin. Syarat-syarat lain seperti SKCK dan sejenisnya, baru diserahkan pada tahapan berikutnya.

BKN belum bisa melansir jadwal pendaftaran CPNS 2018. BKN baru bisa menyampaikan jadwal pendaftaran CPNS setelah menerima data formasi lengkap dari seluruh kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah yang mendapatkan alokasi CPNS baru.

Dia mengingatkan bahwa tahun ini lowongan CPNS tidak hanya untuk pelamar umum saja. Tetapi juga ada ada enam jalur khusus. Keenam jalur khusus itu adalah putri/putri lulusan cumlaude dan penyandang disabiltias. Kemudian putra/putri Papua dan Papua Barat, diaspora, olahragawan berprestasi internasional, dan tenaga pendidik serta tenaga kesehatan eks tenaga honorer K-2.

Untuk masing-masing jalur khusus tersebut, ditetapkan persyaratan khusus pula. Diantaranya untuk jalur diaspora ada ketentuan bahwa yang bersangkutan harus bekerja sebagai tenaga professional di bidangnya selama minimal dua tahun. Kemudian mengisi kebutuhan formasi dosen, peneliti, dan perekayasa.

Untuk formasi perekayasa masih terbuka untuk pelamar berijazah S1. Sedangkan untuk dosen dan peneliti minimal berijazah S2. Usia pendaftar jalur diaspora dibatasi 35 tahun. Khusus untuk diaspora yang berijazah S3 terbuka kesempatan sampai usia 40 tahun.

Diantara instansi yang mendapatkan kuota CPNS adalah Kemenristekdikti. Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan tahun ini mendapatkan total kuota 9.260 orang. Sebanyak 8.150 orang diantaranya untuk formasi dosen. ’’Kami mengajukan (kuota CPNS, Red) 14 ribu sampai 15 ribu,’’ tutur Nasir.

Dia awalnya memperkirakan bakal mendapatkan kuota CPNS sekitar 1.500 orang. Ternyata kuota yang didapat cukup signifikan. Meskipun begitu Nasir mengatakan masih ada persoalan ketersediaan dosen PNS di PTN baru. Dia mengatakan kuota CPNS baru yang ada tahun ini, diasumsikan tidak ada PTN baru. Namun karena saat ini ada 36 unit PTN baru, maka menimbulkan beban jumlah dosen PNS.

Nasir mengatakan sejatinya Kemenristekdikti masih kekurangan 6.000 dosen. Khususnya untuk mengisi kekurangan di PTN baru. Maka Kemenristekdikti terus melakukan pengaturan distribusi, supaya PTN baru mendapatkan kuota yang cukup. Dengan alokasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian PAN-RB.

Sementara itu solusi untuk mengatasi kekurangan dosen, Nasir menjelaskan Kemenristekdikti menggunakan skema penerbitan nomor induk dosen khusus (NIDK). Dosen ber-NIDK bisa menutup kekurangan dosen di sebuah perguruan tinggi. Meskipun begitu Nasir mengatakan NIDK adalah upaya mengatasi jangka pendek.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK), Dei Natali Handy mengatakan, sesuai dengan jadwal, pengumuman tes CPNS dilakukan hari ini 19 September sampai dengan 3 Oktober mendatang. Kemudian akan dilanjutkan dengan proses pendaftaran yang akan dimulai selama 15 hari dari tanggal 26 Oktober sampai dengan 9 November.

Jika calon pendaftar telah melakukan pendaftaran sebelum tanggal ditentukan, maka secara otomatis akan ditolak. \"Jadi kalau belum tanggal 16 Oktober, maka berkas pendaftaran tidak bisa dimasukkan,\" terang Dei kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (18/9).

Dijelaskannya ketika pendaftar melakukan pendaftaran setelah tanggal 9 November maka dipastikan akan ditolak. Meski demikian, jika ada perubahaan, maka pemprov akan memberikan pengumuman secara resmi kepada masyarakat. \"Kalau ada perubahaan kami akan sampaikan,\" tambahnya.

Untuk tes sistem Computer Assissted Test (CAT) sendiri, Dei mengatakan, jika tidak ada perubahaan tes secara komputer itu akan dilakukan pada tanggal 23 November mendatang. Namun demikian, untuk petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) CAT belum diterima secara resmi. Begitupun dengan tanggal pelaksanaan, juga masih menunggu jika tidak mengalami perubahaan. \"Nanti kita tunggu petunjuk selanjutnya,\" kata Dei.

Dei juga menegaskan, pendafataran CPNS itu hanya bisa dilakukan melalui portal resmi pemerintah http://sscn.bkn.go.id. Ketika mulai pendaftaran nanti, maka calon pelamar hanya boleh melamar sesuai dengan jurusan dan satu instansi. Jika lebih, maka dipastikan tidak akan bisa melakukan pendaftaran. Sebab, nantinya pendaftaran itu akan terkoneksi dengan nomor induk kependudukan (NIK). \"Hanya satu jabatan dan satu formasi saja. Jadi jangan sampai lebih dari itu, karena akan ditolak,\" tegasnya.

Seperti diketahui, kuota CPNS di Provinsi Bengkulu ada sebanyak 2.650 CPNS yang akan diperebutkan oleh calon pelamar. Terdiri dari tenaga guru 1.493 orang, tenaga kesehatan 746 orang, teknis 392 orang dan honorer K2 sebanyak 19 orang. Jatah penerimaan CPNS untuk di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu totalnya ada 317 orang, terdiri 201 orang guru, 55 orang tenaga kesehatan dan 61 orang teknis.

Formasi Tenaga Guru Terbanyak

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bengkulu akhirnya mengumumkan informasi resmi terkait kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Untuk formasi tenaga guru mencapai 114 orang yang didominasi lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 35 orang, kemudian S1 Pendidikan Agama Islam 27 orang, S1 Pendidikan Olahraga 19 orang, S1 Pendidikan Seni 18 orang, dan S1 Bimbingan Konseling 15 orang.

Kepala BKPP Kota, Drs Bujang Hr untuk latar belakang pendidikan tenaga guru paling rendah Strata 1 (S1) sebelum November 2013. Menurutnya guru berstatus PNS cukup banyak dibutuhkan terutama mengajar di SD, meski sebelumnya pemkot talah mengusulkan hingga ratusan formasi, namun pihaknya juga harus legowo terhadap jatah yang diberikan pusat, meskipun masih kurang, dan akan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

\" Formasi dari pusat sudah keluar, dan untuk tenaga guru memang paling banyak insyallah bisa mencukupi kebutuhan di Kota Bengkulu walaupun masih jauh dari usulan kita, formasinya kita umumkan besok (hari ini),\" kata Bujang kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (18/9).

Sedangkan untuk tenaga kesehatan memiliki sebanyak 89 kuota yang terbagi untuk 13 jurusan. Dan jumlah terbanyak yakni tenaga apoteker mencapai 12 kuota dan disusul oleh dokter umum sebanyak 11 kuota. Sedangkan tenaga teknis 42 orang yang didominasi S1 teknik komputer sebanyak 6 kuota. \"Syarat pendidikan untuk tenaga kesehatan paling rendah D-III sebelum bulan November 2013,\" ungkapnya.

Kemenag Terima 178 CPNS

Dalam penerimaan CPNS 2018, Kementerian Agama Bengkulu akan menerima 178 formasi. Terbany untuk formasi guru, kemudian Bengkulu juga mendapat formasi khusus yang diperuntukkan bagi guru disabilitas dan putra/putri papua. \" Alhamdulillah dari 350 yang kita usulkan, Bengkulu mendapat 178 formasi CPNS tahun 2018, mayoritas guru \" ungkap Kepala kantor wilayah kementerian Agama Bengkulu, Drs H Bustasar MS M.Pd. Diamini Kasubag Kepegawaian Iba Hartono.

Dikatakanya, jenis formasi yang diterima antara lain, disabilitas, formasi Putra/putri Papua dan papua barat, 2 formasi olahragawan, 157 formasi umum. satu Formasi Penyuluh agama Islam, 4 formasi Penghulu dan 4 formasi jabatan fungsional dan 1 formasi jabatan fungsional umum. \"Formasi itu terdiri dari 4 Penghulu dan 4 tenaga administrasi, sisanya adanya guru,\" katanya.

Penerimaan CPNS berlaku syarat usia, maksimal 35 tahun, pendaftaran dengan menggunakan KTP nasional, langsung secara online. Pelaksanaan CPNS nanti dilakukan serentak se-Indonesia, hanya saja lokasi pelaksanaan masih menunggu putusan dari pusat.

Berbeda dengan CPNS tahun-tahun sebelumnya, tahun ini provinsi Bengkulu mendapatkan formasi istimewa, 6 formasi guru disabilitas, penerimaan guru berkebutuhan khusus tersebut diperuntukkan pada madrasah yang telah ditunjuk yaitu disabilitas guru IPA,Matematika, Sejarah Budaya Islam, dan guru seni budaya serta TIK.

Kemudian formasi putra papua/papua Barat, meliputi guru Matematika, guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Guru Seni Budaya. Mereka yang akan mengikuti pendaftaran putra putri Papua akan ditempatkan pada Madrasah negeri yang telah ditunjuk Kemenag di provinsi Bengkulu.

Tak jauh berbeda dengan formasi Olahragawan ini akan diterima sebanyak 2 orang, para atlet berprestasi dapat mendaftar dengan melampirkan penghargaan, sertifikat dan prestasi tingkat nasional/internasional. \"Mekanisme dan tata cara registrasi pendaftaran bisa langsung membuka web Sscn.bkn.go.id, dan pembukaan sudah bisa dimulai besok (hari ini),\" katanya. (247/805/151)

Tags :
Kategori :

Terkait