Karang Taruna Dituntut Mandiri

Rabu 19-09-2018,09:30 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 40 orang perwakilan pengurus karang taruna di tingkat Kecamatan Kabupaten Kaur mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Karang Taruna (KT) yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu diaula Ponpes Marhala Wustho Padang Kempas Desa Sinar Pagi Kecamatan Kaur Selatan, Selasa (18/9).

Kepala Dinsos Kaur H. Sidarmin Tetap MPd yang membuka Bimtek tersebut, mengatakan karang karuna merupakan salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang diakui keberadaannya dalam penyelenggaran kesejahteran sosial, sejalan dengan hal tersebut, Sidarmin mengharapkan seluruh pengurus karang taruna Kaur dituntut lebih mandiri dan kreatif di tengah masyarakat

“Melalui Bimtek ini kita sangat berharap karang taruna Kaur ini dapat lebih mandiri, kreatif dan berkarakter dalam melaksanakan kegiatannya di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Dikatakan Sidarmin, juga bimtek ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, khususnya karang taruna dalam upaya pengembangan destinasi wisata yang ada di wilayah desa masing-masing. Untuk itu, melalui kegiatan pelatihan diharapkan pengurus karang taruna agar dapat lebih peka dalam memanfaatkan potensi desa.

\"Sehingga dapat digunakan sebagai sarana kebutuhan, karena setiap pelatihan selalu diorientasikan pada peningkatan kemampuan guna mendukung program pkungan anggaran, namun pentingnya pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.emerintah. Potensi pariwisata yang melimpah di Kaur tak hanya butuh du

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Provinsi Benkulu Dra Efrilda Iriani yang turut hadir dalam kesempatan itu juga menyampaikan, karang taruna dapat dihidupkan untuk kemajuan pariwisata maupun potensi wisata di desa masing-masing dengan dukungan alokasi anggaran Dana Desa (DD) yang dapat digunakan melalui program pemberdayaan masyarakat. “Kita yakin jika dukungan anggaran sudah tersedia untuk karang taruna, bisa jadi potensi pariwisata yang ada akan benar-benar maju dengan campur tangan karang taruna, alhasil ekonomi akan bertumbuh. Maka saya harap, melalui Dinsos Kaur dapat mendorong perangkat desa mendukung kegiatan karang taruna ini,” jelasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait