Asbisindo Catat Pendapatan Rp3,59 M

Sabtu 08-09-2018,13:14 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

JAKARTA,Bengkulu Ekspress- Plt. Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Moch. Hadi Santoso mengatakan, per akhir Desember 2017, pemasukan aset Asbisindo tercatat sebesar Rp2,68 miliar atau naik sebesar 197,96% dari tahun 2016 yang sebesar Rp898,14 juta. Sementara, untuk pendapatan tercatat sebesar Rp3,59 miliar atau naik sebesar 15,52% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp3,11 miliar.

“Dengan rincian pos Penerimaan Anggota naik sebesar Rp55,98 juta, pos Penerimaan Sponsorship turun sebesar Rp80,84 juta, pos Penerimaan Bagi Hasil Bank naik Rp1,82 juta dan pos Penerimaan Pelatihan sebesar Rp505,41 juta,” papar Hadi, dalam Musyawarah Nasional (Munas) Asbisindo ke-7 di Muamalat Tower Jakarta.

Hadi juga memaparkan, kegiatan Asbisindo selama ini fokus pada beberapa program. Salah satunya, proses sertifikasi manajemen risiko bagi pegawai-pegawai anggota Asbisindo.

\"Pada tahun 2018 sudah ada sekitar 1000-an pegawai yang mengikuti sertifikasi manajemen risiko memberikan kontribusi pemikiran kepada OJK dalam bentuk FGD (Forum Group Discussion) tentang produk dan layanan perbankan syariah, pemberian bantuan bencana alam di Lombok, meminta fatwa tentang produk dan layanan perbankan syariah kepada Dewan Syariah Nasional MUI agar dapat memberikan layanan kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan saat ini,\" kata Hadi.

Asbisindo merupakan perkumpulan bank syariah di Indonesia dengan anggota 13 Bank Umum Syariah (BUS) , 22 Unit Usaha Syariah (UUS) dan 167 BPRS Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Melalui organisasi ini para bankir bersinergi dan berdiskusi untuk mencari solusi atas masalah yang dihadapi bank syariah.

Pada Munas kali ini, Asbisindo juga memilih ketua umum baru. Direktur Utama PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Toni EB Subari dipilih sebagai ketua umum Asbisindo untuk periode periode 2018 – 2021.

Penetapan Toni EB Subari sebagai Ketua Umum periode 2018-2021 dilakukan secara mufakat oleh pengurus wilayah yang memiliki hak suara dalam Musyawarah Nasional (Munas) Asbisindo ke-7 di Jakarta. Munas Asbisindo juga sekaligus menetapkan Komisaris Utama Mandiri Syariah Mulya E Siregar sebagai Ketua Badan Pengawas Asbisindo.

\"Ini amanah buat kami. Kami lebih memfasilitasi memperjuangkan bank syariah bersama-sama,\" kata Toni EB Subari. (Mad/FIN)

Tags :
Kategori :

Terkait