Formasi CPNS Keluar

Kamis 06-09-2018,09:00 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BENGKULU, Bengkulu Ekspress -Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan mengeluarkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Pemerintah Provinsi Bengkulu hari ini (6/9).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Dra Hj Diah Irianti MSi usai menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan administrator dan jabatan pengawas di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, di Gedung Serba Guna, kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (5/9).

\"Insya Allah besok formasi kuota CPNS kita keluar,\" terang Diah. Ia mengungkapkan, usulan CPNS Provinsi Bengkulu sebanyak 800-an orang. Hanya saja, karena PNS di Provinsi Bengkulu yang sudah pensiun hanya 326 orang, maka sebanyak itulah target minimal formasi untuk Provinsi Bengkulu. \"Itu standar minimal kita, kalau dapat lebih, Alhamdulillah,\" tukas Diah.

Kuota formasi CPNS untuk Pemerintah Provinsi Bengkulu masih didominasi tenaga pengajar (guru) dan tenaga kesehatan. Selain itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga memasukkan kebutuhan tenaga teknis lainnya sesuai Nawacita Presiden Jokowi yakni tenaga teknis bidang pembangunan.

Beredar di Medos

Sementara itu, informasi penerimaan CPNS ini sudah beredar di media sosial (Medsos) sejak beberapa hari belakangan ini. Informasi itu pun belum diketahui kebenarannya oleh Pemerintah Kota Bengkulu, karena belum mendapatkan informasi dari KemenPAN.

\"Kepastiannya belum kita dapatkan secara resmi dari pusat,\" kata Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd, kemarin (5/9).

Untuk diketahui, baru-baru ini beredar melalui broadcast di jejaring sosial dan aplikasi chatting Whatsapp dengan judul “Berikut Info Rekrutmen CPNS 2018!\".

Dalam pesan tersebut disebutkan bahwa pemerintah akan membuka penerimaan CPNS Daerah Tahun 2018 sebayak 200.000. Tenaga Guru (SD, SMP, SMU/SMK) sebanyak 100.000 orang, Tenaga Kesehatan (Dokter, Bidan, Perawat, dll) sebanyak 50.000 orang, tenaga lainnya sebanyak 50.000 orang.

Formasi, tahapan seleksi hingga persyaratan dokumen juga dicantumkan dalam pesan berantai itu. Kepala Badan Kepegawai, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bengkulu, Drs Bujang Hr juga menegaskan hingga saat ini belum ada sedikitpun usulan CPNS tersebut yang secara resmi diturunkan oleh KemenPAN, sehingga diimbau masyarakat untuk tidak mempercayai informasi tersebut sampai akhirnya Pemerintah Kota Bengkulu mengeluarkan pengumuman khusus.

Sebab, lanjut Bujang, dalam rapat koordinasi (rakor) terakhir beberapa waktu lalu, pemerintah pusat hanya penjelasan mengenai tata cara pemberkasan pendaftaran CPNS secara online, sebagai persiapan setiap daerah jika CPNS tersebut benar-benar sudah keluar secara resmi.

\"Sampai saat ini belum ada kepastian tentang CPNS, jadi kalau ada berita-berita CPNS yang keluar di media itu hoaks semua. Karena nanti pemerintah akan mengeluarkan secara khusus,\" kata Bujang.

Kepastian mengenai informasi palsu ini juga mendapat tanggapan dari Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat BKN, Yudhantoro Bayu W. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita yang dikirimkan melalui jejaring sosial maupun aplikasi chatting WA.

\"Masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dalam menyikapi dan menyebarkan berita yang disebarkan di jejaring sosial tanpa sumber resmi yang jelas. Masyarakat dapat memantau info resmi mengenai seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018 melalui website dan media sosial BKN,\" ujar Yudhantoro. (805/hbn)

Tags :
Kategori :

Terkait