3.850 Pemilih Belum E-KTP

Jumat 03-08-2018,10:20 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) masih melakukan pemuktahiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih tetap (DPT).Hasil penelusuran di lapangan, pasukan pencoklit yang terjun ke desa-desa telah berhasil mengungkap fakta bahwa masih banyak calon pemilih yang belum mengantongi kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

\"Hasil pencoklitan yang telah kami lakukan, ada sebanyak 3.850 orang yang sudah bisa menggunakan hak pilihnya, namun belum memiliki E-KTP,\" ungkap Ketua KPU Kabupaten Benteng, Drs Brotoseno, kemarin.

Brotoseno menuturkan, ribuan warga Benteng ini memang belum melakukan perekaman data kependudukan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Benteng.Menyikapi hal itu, pihaknya telah mengutus tim teknis untuk berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng agar segera memiliki kartu E-KTP yang merupakan syarat untuk terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT).

\"Temuan ini sudah kita sampaikan ke Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng. Alhasil, dalam tempo beberapa minggu terakhir, hanya tinggal 2.109 warga Benteng yang belum memiliki kartu E-KTP. Kinerja Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng patut di apresiasi,\" puji Brotoseno.

Tak hanya membebankan Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng, KPU Kabupaten Benteng juga telah menginstruksikan seluruh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa untuk gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat.\"Satu suara sangat menentukan. Sebab itu, kami akan terus melakukan pendataan terhadap warga yang belum terdaftar sebagai pemilih,\" paparnya.

Sesuai dengan jadwal, sambung Brotoseno, penetapan DPT untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang akan dilakukan pada bulan Agustus ini. \"Dari hasil rapat pleno, kami telah menetapkan bahwa daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSH) berjumlah sekitar 82 ribu orang. Kami masih memberikan waktu kepada masyarakat yang belum terdaftar agar bisa tercatat dalam DPT,\" pungkas Brotoseno.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait