Harga Beras Mulai Naik

Jumat 27-07-2018,12:20 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress - Tak hanya harga sayuran di Kabupaten Rejang Lebong yang saat ini tengah melambung, harga komoditas beras juga dalam beberapa hari terakhir juga mengalami peningkatan.

\"Kalau harga beras, dalam beberapa hari terakhir ini memang mulai naik,\" aku Ida (45) salah satu pedagang beras di Pasar Atas Kota Curup saat dikonfirmasi Kamis (26/7) kemarin.

Meskipun sudah mulai mengalami kenaikan, namun menurut Ida kenaikan harga beras belum mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dimana menurutnya kenaikan harga beras tersebut hanya Rp 1.000 per Kg. \"Kenaikannya rata-rata hanya Rp 1.000 per Kg,\" tambah Ida.

Dijelaskan Ida, untuk harga beras kualitas rendah saat ini diharga Rp 150 ribu per Kaleng (ukuran 16 Kg) dimana sebelumnya dihargai Rp 140 ribu per kaleng. Kemudian beras kualitas sedang saat ini harganya Rp 160 ribu per kaleng, dari sebelumnya Rp 150 ribu per kaleng.

Sementara itu, untuk beras kualitas bagus atau beras lokal dari Rejang Lebong seperti beras Talang Benih dan Rimbo Recap saat ini dihargai Rp 180 ribu per Kaleng dari sebelumnya Rp 170 ribu. Sedangkan untuk beras harum saat ini dihargai Rp 200 ribu per kaleng yang sebelumnya Rp 190 per kaleng.

Kenaikan harga beras itu sendiri, menurut Ida merupakan bagian dari siklus tahunan. Dimana saat ini ketersediaan beras di Kabupaten Rejang Lebong mulai kurang seiring dengan selesainya musim panen dan akan masukknya musim tanam. \"Saat ini harga naik, karena stok kurang mengingat musim panen sudah selesai,\" paparnya.

Diakui Ida, musim panen yang sangat mempengaruhi harga beras di Kabupaten Rejang Lebong justru musim panen di Kabupaten Rejang Lebong. Karena memang menurut Ida sebagian besar beras di Rejang Lebong disuplai dari Kabupaten Lebong, sehingga saat musim panen di Lebong telah selesai, harganya beras akan mengalami kenaikan.

\"Memang di Lebong sawahnya masih luas, sehingga musim panen di Lebong sangat mempengaruhi harga beras di Rejang Lebong ini,\" terang Ida.

Selain menjual berasl lokal Rejang Lebong dan beras Lebong, para pedagang beras di Kabupaten Rejang Lebong juga menjual beras dari sejumlah derah luar Provinsi Bengkulu seperti dari Lampung dan Sumatera Selatan.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait