Warga Serahkan 43 Peluru Aktif

Selasa 17-07-2018,15:40 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

MAJE KABUPATEN KAUR, Bengkulu Ekspress - Seorang warga Desa Tanjung Baru Kecamatan Maje Kabupaten Kaur bernama Irwan Nova (41), menyerahkan 43 butir peluru aktif ke Mapolres Kaur, Senin (16/7). Oleh polisi, puluhan barang berbahaya itu, kini langsung diamankan di gudang senjata Mapolres Kaur.

“Saya dapat peluru itu di gudang rumah, saat beres-beres rumah, dan itu peluru sisa bapak saya dulu,” kata Irwan saat ditemui Bengkulu Ekspress di Mapolres Kaur, kemarin (16/7).

Diceritakan Irwan yang sehari-hari bekerja sebai petani ini, 43 peluru yang terdiri dari 20 butir amunisi caliber 539-64,11 butir amunisi caliber colt 38 mp dan 12 butir amunisi caliber K50-7 itu ditemukan nya sekitar pukul 08.00 WIB di gudang rumahnya. Penemuan ini bermula dari Irwan membersihkan gudang rumahnya di Desa Tanjung Baru, namun tanpa sengaja ia menemukan bakul berukuran kecil digudang tersebut tepatnya diatas rak barang, dan setelah ia buka terkejut ketika melihat kumpulan amunisi yang telah dibungkus didalam kantong plastik bening didalam bakul tersebut. Lantaran merasa takut dan ragu, ia langsung menyerahkan peluru tersebut ke Polsek Maje dan selanjutnya dibawa ke Mapolres Kaur. Oleh Polres peluru itu langsung diamankan di gudang senjata.

“Saya waktu nemukan peluru itu sempat terkejut, dan saya langsung serahkan ke polisi. Peluru itu ada di gudang peningalan bapak saya dulu karena bapak saya pensiunan Polri tapi sekarang sudah almarhum,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Sisman Adi Pranoto S IK melalui Kabag Sumda Kompol Mansaudi SH mengatakan, memang benar telah datang seorang warga ke Mapolres Kaur dan menyerahkan sejumlah peluru aktif tersebut dengan suka rela yang ditemukan di gudang rumahnya itu. Menurut Kabag, peluru itu merupakan peninggalan bapak Irawan dimana Irawan merupakan anak dari saudara Sersan Abdul Rasyid yang merupakan Purnawirawan Polri yang pensiun tahun 1990 dan telah meninggal pada tahun 2010 lalu.

“Ya, peluru itu diserahkan warga itu sudah kita simpan digudang senjata dan kondisi peluru masih sangat bagus diantaranya 20 butir amunisi caliber 539-64,11 butir amunisi caliber colt 38 mp dan 12 butir amunisi caliber K50-7. Juga saya berterima kasih kepada warga yang telah menyerahkan amunisi itu dan apresiasi setinggi-tinggi nya kepada yang bersangkutan,” jelasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait