BPS Survei PMTB

Selasa 10-07-2018,11:10 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Selama ini, investasi yang biasa dilakukan hanya pada katagori bangunan dan non bangunan. Namun untuk mengetahui potensi apa yang bisa diinvestasikan di Kabupaten Lebong, Badan Pusat Statistik (BPS) Lebong akan melakukan survei Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB).

Dikatakan Kepala BPS Lebong, Ir Sriwiyana Teguh Ananto MSi, bahwa survei dilakukan terhadap masyarakat dan pengusaha atau perusahaan yang ada di Kabupaten Lebong. Sehingga akan diketahui siapa dan mengarah kemana investasi yang dilakukan di Kabupaten Lebong.

“Dengan itu akan diketahui investasi apakah mengarah ke pertanian, peralatan dan mesin atau yang lainnya yang dilakukan oleh masyarakat,” jelasnya, kemarin (09/07).

Sementara untuk investasi yang dilakukan oleh perusahaan, bisa dilihat pada bidang investasi kekayaan intelektual seperti memiliki sofwer, pembelian hak-hak cipta , peralatan mesin, angkutan dan yang lainnya. “Dimana kegiatan seuvei PMTB saat ini sedang dilakukan oleh tim kita,” sampainya.

Karena ini merupakan program nasional, sementara dipastikan angka persentasinya nanti tidak akan cukup dipenuhi oleh Kabupaten Lebong, maka nanti data sampel yang didapat akan digabung se Provinsi Bengkulu. “Kita lihat apa yang banyak dijadikan investasi oleh masyarakat maupun perusahaan,” ucapnya.

Dengan dikatehui hasil dari pelaksanaan survei PMTB, maka nanti akan bisa membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Provinsi (Pemprov) maupun Pemerintah Pusat, akan berpengaruh untuk menentukan kebijakan atau langkah apa yang akan dilakukan sehingga bisa membantu masyarakat setempat.

“Jadi survei ini sangat penting dilakukan dan kami sangat harapkan kerjasama semua pihak untuk memberikan data yang sesuai,” tutur Sriwiyana.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait