Olahraga Pelajar Mulai Tumbuh

Selasa 10-07-2018,10:30 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd mengungkapkan dalam beberapa tahun terakhir keberadaan olahraga tingkat pelajar di tingkat Provinsi Bengkulu mulai tumbuh. Hal tersebut disampaikannya saat pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Provinsi Bengkulu di Lapangan Setia Negara Kota Curup Senin (9/7) kemarin.

\"Alhamdulillah dalam beberapa tahun terakhir, olahraga di Bengkulu khususnya olahraga pelajar mulai tumbuh kembali,\" sampai Meri Sasdi.

Menurut Meri Sasdi, indikator adanya pertumbuhan olahraga khususnya olahraga pelajar di Provinsi Bengkulu terlihat dari peringkat Bengkulu dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang dilaksanakan dalam dua tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dimana pada Popnas 2016 yang dilaksanakan di Jawa Barat, menurut Meri Sasdi Provinsi Bengkulu hanya mampu menduduki urutan ke 32 dari 34 Provinsi yang mengikuti ajang Popnas. Kemudian pada perhelatan Popnas 2017 di Jawa Tengah, peringkat Bengkulu meningkat menjadi urutan 23.

\"Kita harap peningkatan prestasi olahraga pelajar Bengkulu ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya,\" harap Meri Sasdi.

Oleh karena itu, dengan segala keterbatasan yang dimiliki Provinsi Bengku serta kabupaten kotanya baik dari segi anggaran maupun sarana dan prasarana, ia mengharapkan pembinaan untuk atlet pelajar di Provinsi Bengkulu bisa tetap dilaksanakan dengan hasil yang maksimal.

Sementara itu, pelaksanaan Popda yang dilaksanakan saat ini, menurut Meri Sasdi merupakan potret dari pembinaan olahraga di tingkat pelajar di Provinsi Bengkulu. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa ajang Popda yang akan dilaksanakan dalam sepekan ini merupakan ajang untuk menyeleksi atlet yang akan mewakili Bengkulu dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) yang akan dilaksanakan di Jawa Barat pada September mendatang. \"Ajang ini (Popda) merupakan ajang seleksi untuk mencari atlet pelajar Bengkulu yang akan mewakili Bengkulu dalam pelaksanaan Popwil di Jawa Barat pada September mendatang,\" tegas Kadispora.

Oleh karena itu, untuk bisa menghasilkan atlet-atlet pelajar yang berkualitas, ia berharap agar dalam setiap pertandingan para atlet bisa menjunjung tinggi sportifitas dan mentaati peraturan yang berlaku dalam setiap pertandingannya. Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Rejang Lebong, Drs Noprianto MM dalam laporannya sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Popda di Rejang Lebong tersebut ada 8 cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu sepakbola, bola basket, bola voli, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis dan pencak silat.

\"Delapan Cabor ini akan kita pertandingkan di beberapa lokasi yang ada di Kota Curup ini, dengan waktu pelaksanaan dari tanggal 8 sampai 12 Juli ini,\" sampai Noprianto.

Kemudian jumlah atlet yang akan berlaga dalam event tersebut sebanyak 904 dari 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu dengan rincian dari Bengkulu Selatan sebanyak 79 atlet, dari Bengkulu Tengah 69 atlet, dari Bengkulu Utara sebanyak 68 atlet, dari Kaur sebanyak 69 atlet, dari Kepahiang sebanyak 98 atlet, dari Kota Bengkulu sebanyak 114 atlet.

Kemudian dari Lebong sebanyak 94 atlet, dari Mukomuko sebanyak 76 atlet, dari Seluma sebanyak 99 atlet dan dari Rejang Lebong selaku tuan rumah sebanyak 108 atlet. Pembukaan Popda Provinsi Bengkulu kemarin dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi, Sekda Rejang Lebong, H RA Denni SH MM, Ketua DPRD Rejang Lebong, M Ali ST serta unsur FKPD dan OPD Rejang Lebong bersama sejumlah tamu undangan lainnya.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait