Ruko 2 Pintu Ludes

Senin 09-07-2018,08:54 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Kebakaran hebat kembali terjadi di Kota Bengkulu. Kali ini terjadi di Jalan Sutoyo Tanah Patah, Kecamatan Ratu Agung. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 16.15 WIB, Minggu (08/07/18) tersebut melalap dan meludeskan bangunan dan isi dari rumah toko (Ruko) dua lantai, Bhifa Permata. Toko penjualan dan gudang barang elektronik dan furniture.

Kepala Dinas PBK Kota Bengkulu, Syaipul Apandi mengatakan, memang benar telah terjadi kebakaran yang menimpa ruko dua pintu yang menjual barang elektronik dan furniture. Asal mula api tersebut diduga kuat memang berasal dari sana.

“Nah tadi kita sempat kesulitan karena rupanya di ruko ini ada basement lagi (didasar ruko), sehingga kami agak kesulitan memadamkan api ini,\" ucapnya kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (8/7/2018).

Ia mengatakan, penyebab kebakaran tersebut kemungkinan besar akibat korsleting arus pendek listrik, namun untuk penyebab pastinya menunggu pihak kepolisian melakukan penyelidikannya.

\"Untuk penyebab pastinya karena apa nanti biar pihak kepolisian yang bisa menyimpulkannya, tetapi jika melihat titik awal mula api bisa kita simpulkan sementara ini karena konsleting arus listrik,\" tuturnya.

Sementara itu, total kerugian akibat kebakaran ini bisa mencapai Rp 300 juta rupiah. Angka itu bisa saja bertambah jika melihat banyaknya isi ruko yang tidak sempat terselamatkan.

\"Dalam kasus kebakaran ini tidak ada korban meninggal dunia, untuk kerugian jelas mencapai nominal tersebut bahkan bisa lebih,\" ucapnya kepada Bengkulu Ekspress.

Sementara itu, saat diwawancarai Hendra (33), selaku saksi mata yang mengetahui persis kejadian tersebut menegaskan, bahwa awal mula api tersebut berasal dari Ruko Bhifa Permata yang merupakan penjual barang-barang Elektronik dan furniture tersebut.

“Ruko sebelah dengan toko kami, awal mulanya penjaga ruko itu keluar teriak ada api di dalam ruanganya sontak membuat warga sekitar heboh pada saat itu termasuk kami. Kalau soal kronolgis kejadian awal dan sumber api kami tidak tahu, yang jelas awal beredar api emang dari Bhifa Permata tersebutlah.

Berdasarkan data terhimpun Bengkulu Ekspress, api awalnya terlihat oleh warga setempat ada kepulan asap keluar dari ruko dua pintu tersebut. Warga lalu langsung melakukan tindakan pengecekan dan langsung menelpon Dinas Penanggulangn Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Bengkulu. Hanya berselang beberapa menit petugas Damkar tiba dilokasi dan langsung melakukan pemadaman api. Saat itu, asap sudah mulai mengepul hitam dan api mulai membesar. (529)

Tags :
Kategori :

Terkait