Stok Darah PMI Kosong

Jumat 22-06-2018,12:50 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress - Karena tidak adanya kegiatan donor darah yang dilakukan Palang Meraih Indonesia (PMI) Kabupaten Rejang Lebong selama bulan Ramadan lalu, saat ni stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Rejang Lebong yang ada di RSUD Curup masih kosong. \"Untuk saat ini stok darah yang ada disini (UDD PMI Rejang Lebong), masih kosong,\" sampai Tenaga Sukarela (TSR) PMI Rejang, Hj Mardiani saat ditemui di UDD PMI Rejang Lebong Kamis (21/6) kemarin.

Dijelaskan Mardiani, kekosongan stok darah di UDD PMI Rejang Lebong tersebut sudah berlangsung cukup lama, yaitu sejak bulan Ramadan lalu, karena memang sejak awal Ramadan lalu, pengurus PMI Rejang Lebong tidak pernah melakukan kegiatan donor darah ke dinas intansi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, sehingga stok darah terus berkurang, karena setiap harinya pasti ada pasien RSUD Curup yang membutuhkan darah.

\"Stok darah kosong, karena memang kegiatan donor darah tidak dilakukan selama puasa, sedangkan setiap hari stok darah selalu dibutuhkan, karena setidaknya dalam satu hari kebutuhan darah di Rejang Lebong ini bisa mencapai 30 kantong,\" papar Mardiani.

Namun menurut Mardiani, meskipun saat ini stok darah di UDD PMI Rejang Lebong kosong, namun tidak ada pasien RSUD Curup yang mengalami kendala dalam memperoleh darah terlebih lagi berakibat fatal karena tak adanya donor darah.

Dijelaskan Mardiani, untuk memenuhi kebutuhan darah selama stok di UDD PMI Rejang Lebong tersebut, Mardiani mengaku PMI Rejang Lebong selalu berkoordinasi dengan keluarga pasien yang membutuhkan darah untuk ikut mencari pendonor sendiri. Bila nanti sudah ada pendonor darah, maka akan dilakukan transfusi darah di UDD PMI Rejang Lebong yang kemudian akan digunakan oleh pasien yang bersangkutan.

\"Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan darah, kami juga selalu berkoordinasi dengan relawan PMI melalui grup WA (Whatsapp), sehingga saat ada yang membutuhkan darah informasinya cepat dan pendonor selalu ada,\" paparnya.

Kemudian untuk memenuhi akan stok darah di UDD PMI Rejang Lebong, Mardiani mengaku PMI Rejang Lebong telah melakukan penjadwalan untuk melakukan kegiatan donor darah ke dinas intansi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong dalam waktu dekat ini. Selain itu, pihaknya juga akan membuka pelayanan donor darah dilokasi peringatan HUT Kota Curup yang akan dimulai pada 30 Juni mendatang di Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup. \"Untuk memenuhi stok darah, dalam waktu dekat ini kita akan memulai melakukan kegiatan donor darah, termasuk membuka pelayanan di lokasi HUT Curup nanti,\" tutup Mardiani.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait