Gaji Guru Tidak Tetap Usai Lebaran

Jumat 08-06-2018,14:00 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Harapan guru tidak tetap (GTT) agar gaji mereka dibayar sebelum lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah ini, pupus sudah. Pasalnya, gaji mereka akan dibayarkan usai lebaran nanti. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bengkulu Tengah, Saidirman SE MSi menjelaskan, sampai saat ini draft surat keterangan (SK) pengangkatan GTT di Kabupaten Bengkulu Tengah baru dibuat dan belum ditandatangani oleh Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH.

\"Karena SK pengangkatan GTT belum diteken, maka pengajuan pembayaran gaji juga belum bisa disampaikan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bengkulu Tengah. Mengingat waktu libur dan cuti hari raya Idul Fitri segera tiba, pembayaran gaji GTT diprediksi setelah lebaran,\" kata Saidirman.

Dijelaskan Saidirman, setiap GTT di Kabupaten Bengkulu Tengah mendapatkan SK pengangkatan yang diperbaharui setiap tahunnya. Masa berlakunya adalah terhitung bulan Januari hingga bulan Desember setiap tahun. Terkhusus tahun 2018 ini, keterlambatan proses seleksi membuat penyaluran gaji para GTT harus sesuai dengan pengangkatan.

\"Gaji disesuaikan dengan waktu pengangkatan. Untuk GTT yang mengikuti seleksi tahap I, pembayaran gaji akan dianggarkan untuk 9 bulan, yakni bulan April hingga Desember. Sedangkan untuk tahap II, pembayaran gaji disiapkan hanya untuk 7 bulan, yakni bulan Juni hingga Desember,\" bebernya.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai besaran gaji yang disiapkan perbulan, Saidirman mengatakan bahwa setiap bulan GTT akan mendapatkan honor sebesar Rp 700 ribu perbulan. \"Pemotongan gaji itu tidak benar. Setiap GTT digaji Rp 700 juta perbulan,\" bebernya.

Sebelumnya, Ketua Forum GTT Kabupaten Bengkulu Tengah, Sebenar Hati SPd telah mengadu ke Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkulu Tengah, Muzakir Hamidi SSos MM. Dalam kesempatan tersebut, Sebenar Hati mengharapkan agar Sekda dapat membantu dalam mempercepat proses pembayaran gaji mereka. Sebab, sejak awal tahun 2018, gaji mereka belum pernah sekalipun dibayarkan. \"Kami sudah mengajar di sekolah sejak awal tahun 2018. Besar harapan kami agar gaji dibayar sebelum lebaran ini,\" kata Sebenar Hati.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait