2019, Bengkulu Selatan Harus Bisa WTP

Rabu 06-06-2018,15:50 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

KOTA MANNA BENGKULU SELATAN, Bengkulu Ekspress– Ketua DPRD Bengkulu Selatan (BS), Yevri Sudianto memberikan apresiasi atas komitmen para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menuntaskan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI).

“Dengan adanya komitmen ini, tentu warga Bengkulu Selatan menunggunya, sehingga 2019 predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bisa kita raih,” katanya.

Yevri menambahkan, dengan komitmen tersebut, maka hingga 28 Juli mendatang, semua temuan BPK baik mengenai aset maupun kelebihan bayar atau temuan kerugian negera, harus sudah tuntas. Dengan begitu, mulai saat ini tidak ada lagi alasan bagi para kepala OPD untuk bersantai. Namun sudah mulai fokus menelusuri temuan tersebut. “ Komitmen sudah disepakati, artinya hingga 2019 tidak ada lagi temuan yang tidak tuntas, namun jika masih ada, artinya komitmen tersebut hanya omong doang, setelah disepakati lalu didiamkan saja,” tandasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Sekkab Bengkulu Selatan, Ir H Nurmansyah Samid mengatakan dengan adanya komitmen bersama 11 kepala OPD tersebut, maka dirinya siap menagih janji para kepala OPD, jika hingga 28 Juli LHP BPK belum selesai dituntaskan. Bahkan sebelum 28 Juli, dirinya sudah meminta para kepala OPD menyampaikan laporan perkembangan tindaklanjut temuan BPK akhir Juni.

“ 28 Juni saya minta semua kepala OPD menyampaikan perkembangan tindaklanjut, jika ada kendala bisa dicarikan solusinya,” ujarnya.

Setelah itu, 28 Juli semua temuan BPK harus selesai ditindaklanjuti. Jika tidak selesai, maka dirinya akan menagih komitmen semua kepala OPD. “ Kepala OPD yang membuat komitmen dihadapan pak Plt Bupati, kalau tidak mampu menyelesaikannya, silahkan mengudurkan diri saja,” tandas Nurmansyah Samid.

Sebelumnya, dari LHP BPK yang diserahkan 28 mei di gedung BPK perwakilan Bengkulu, Bengkulu Selatan meraih predikat WDP. Hal itu lantaran dari LHP ada temuan di 11 OPD mengenai aset yang belum tuntas, serta ada temuan kerugian negera. Ke-11 OPD tersebut yakni Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinkes, Sekretariat DPRD Bengkulu Selatan, Dinas Pertanian, Dinas Dikbud, Kantor Kecamatan Manna, BPPKB, BPKAD, Sekretariat Pemda Bengkulu Selatan dan RSUDHD Manna Bengkulu Selatan. (369)

Tags :
Kategori :

Terkait