Dua Jembatan Bakal Macet

Senin 04-06-2018,12:30 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

ARGA MAKMUR BENGKULU UTARA, Bengkulu Ekspress - Bagi warga Kecamatan Kota Arga Makmur dan sekitarnya yang hendak menuju Kota Bengkulu harus mewaspadai 2 titik yang rawan terjadi kemacetan ketika lebaran nanti. Keduanya adalah di Jembatan Desa Tanjung Agung Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP)di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) tepatnya di jembatan dua jalur Desa Pasar Tebat Kecamatan Air Napal. Kedua jembatan itu mengalami kerusakan belum lama ini, yang membuat lalulintas hanya bisa dilalui kendaraan satu arah.

‘’Kalau jembatan Tanjung Agung Palik sudah selesai diperbaiki, tapi kendaraan yang melintas bergantian. Karena hanya bisa dilalui satu arah saja,’’ ujar Camat TAP, Nirwan Tomeri SH.

Ia menambahkan, peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di jembatan TAP berpotensi menimbulkan kemacetan ketika Hari Raya Idul Fitri mendatang. Untuk itu, diperlukan pengaturan lalu lintas agar kendaraan yang melintas dapat teratur. Apalagi dari sisi seberang jembatan, tidak dapat melihat kendaraan dari arah depan.‘’Diperlukan ada petugas kepolisian yang mengatur lalu lintas ketika lebaran. Bisa dipastikan akan timbul kemacetan pada jam-jam tertentu,’’ ungkapnya.

Disamping itu, akibat kerusakan jembatan 2 jalur di Desa Pasar Tebat Kecamatan Air Napal, warga menutup 1 jembatan yang mengalami kerusakan untuk menghindari kecelakaan. Akibatnya, hanya 1 jembatan yang bisa digunakan secara bergantian.

‘’Memang warga sengaja menutup jembatan yang rusak. Karena, ditakutkan bagi pengendara yang tidak tahu dan nekat melintas, bisa terjadi musibah,’’ terang Sapuan warga desa setempat.

Terpisah, Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Ariefaldi WN SH SIK MM melalui Kasat Lantas, AKP MS Fuad Rangkuti SH SIK membenarkan kondisi kedua jembatan tersebut. Disamping itu, potensi kemacetan juga terjadi di pintu masuk objek wisata Wahana Surya Kecamatan Pondok Kepala Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) pada hari kedua hingga keempat lebaran. Untuk itu, pihaknya juga akan melakukan buka tutup jalur untuk mengurai kemacetan. ‘’Kita akan kerahkan petugas Satlantas dan dibantu melalui Polsek terdekat dalam pengamanan nanti. Kita juga akan mendirikan pos pengamanan arus mudik dan lebaran dibeberapa titik,’’ pungkasnya.(816)

Tags :
Kategori :

Terkait