Doa Saat Mudik, Agar Diberi Kemudahan dan Keselamatan dalam Perjalanan

Doa Saat Mudik, Agar Diberi Kemudahan dan Keselamatan dalam Perjalanan

Doa agar perjalanan dimudahkan dan diberi keselamatan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ketika melakukan perjalanan, Islam menyarankan umatnya untuk memohon kemudahan kepada Allah karena adanya potensi bahaya di sepanjang perjalanan.

Bahkan menurut beberapa riwayat, perjalanan dianggap sebagai separuh dari kesulitan.

BACA JUGA:Doa-doa yang Mustajab di Hari Jumat, Jangan Lupa Amalkan

BACA JUGA:Agar Rezeki Mengalir Deras dan Semua Hajat Terkabul, Berikut Doa dan Cara Mengamalkannya

Hal ini diasumsikan karena perjalanan seringkali diiringi oleh risiko seperti kecelakaan, kondisi cuaca ekstrem, ancaman binatang buas, kejahatan jalanan, dan sebagainya.

Selain itu, doa yang dipanjatkan oleh seseorang yang sedang melakukan perjalanan dianggap sebagai doa yang sangat berpotensi dikabulkan oleh Allah.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: Ada tiga doa mustajabah yang tidak disangsikan lagi, yaitu doa orang teraniaya, doa orang dalam perjalanan, dan doa orang tua untuk anaknya," (HR Abu Dawud, At-Tirmiżi, dan Ibnu Majah).

Dalam Islam, Umatnya dianjurkan untuk memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam perjalanan yang akan dijalani. Salah satu doa kemudahan perjalanan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Peletakan Batu Pertama Musala Ibnu Sabil RL, Ini Doa Pengurus kepada Gubernur Bengkulu

BACA JUGA:Doa Memperbaiki Diri Sendiri, Agar Memiliki Akhlak yang Terpuji

اَللَّهُمَّ بِكَ أَسْتَعِيْنُ، وَعَلَيْكَ أَتَوَكَّلُ، اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لِي صُعُوْبَةَ أَمْرِيْ، وَسَهِّلْ عَلَيَّ مَشَقَّةَ سَفَرِيْ، وَارْزُقْنِيْ مِنَ الخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا أَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبِّ اشْرَحْ لِيِ صَدْرِيْ، وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

(Allāhumma bika asta‘īnu, wa ‘alaika atawakkalu. Allāhumma dzallil lī ṣu‘ūbata amrī, wa sahhil ‘alayya masyaqqata safarī, warzuqnī minal khairi mim mā aṭlubu, waṣrif ‘annī kulla ṣyarr, rabbiṣ-raḥlī ṣadrī wa yassir lī amrī).

Artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: