Apakah Menyebarkan Hoaks Bisa Membatalkan Puasa? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Apakah Menyebarkan Hoaks Bisa Membatalkan Puasa? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan hukum menyebarkan hoaks di bulan ramadhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Menurut Ustaz Adi Hidayat, ada tindakan yang dapat mengurangi nilai pahala ibadah puasa seseorang, salah satunya adalah menyebarkan hoaks.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki perlindungan dalam menjalankan ibadah puasa agar dapat menghindari perilaku yang dapat mengurangi nilai pahala puasa.

BACA JUGA:Ingin Cepat Hafal Al Qur'an di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Triknya

BACA JUGA:Apakah Suntik Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

"Puasa yang benar itu yang ditunaikan sesuai aturan yang akan melahirkan perisai. Perisai dalam menghindari tantangan dari hal yang merusak nilai ibadah puasanya," sampai Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat mengutip sebuah hadis shahih dari Imam Al Bukhari nomor 1795  yang menjelaskan tentang tantangan dalam menjalankan ibadah puasa.

Dalam penjelasannya, Ustaz Adi Hidayat mengungkapn beberapa perilaku yang dapat merusak nilai ibadah puasa atau mengurangi nilai pahalanya, antara lain:

1. Menjauhi percakapan yang kasar, termasuk melakukan ghibah (menggunjing), menyebarkan gosip, dan mengendalikan emosi hingga tidak mudah marah.

2. Menghindari perilaku yang tidak senonoh atau tidak pantas, serta menjaga perilaku agar sesuai dengan tuntunan agama.

3. Membangun hubungan yang baik dengan sesama dan menghindari pertengkaran atau provokasi yang dapat mengganggu ketenangan.

4. Menjauhi perilaku mencela, mencaci, dan menghindari penyebaran hoaks yang dapat merusak kebenaran dan memicu ketidakharmonisan di masyarakat.

BACA JUGA:Saat Bulan Ramadhan, Berapa Kali Rasulullah SAW Khatam Al Qur'an, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Setiap Malam Ramadhan, Jangan Lupa Amalkan Doa Ini, Ustaz Adi Hidayat: Rasakan Manfaatnya

Ustaz Adi Hidayat juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang dapat membatalkan puasa, di antaranya terkait dengan kebutuhan biologis, seperti makan, minum, dan melakukan hubungan seksual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: