Polusi Udara, Bahayanya Bagi Wajah dan Cara Mengatasinya

Polusi Udara, Bahayanya Bagi Wajah dan Cara Mengatasinya

Polusi udara bisa merusak wajah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Polusi udara mengandung partikel-partikel berbahaya dan radikal bebas yang dapat meresap ke kulit wajah dan menimbulkan beberapa masalah. Bahaya polusi udara untuk wajah di antaranya dapat memicu munculnya jerawat, flek hitam, bahkan kanker kulit.

Pasalnya, kadar polusi udara yang semakin meningkat memiliki dampak yang besar bagi kesehatan kulit manusia, terutama kulit wajah. Hal ini terjadi karena berbagai polutan udara dapat memengaruhi kulit secara langsung dan memicu stres oksidatif.

Bahaya Polusi Udara Untuk Wajah

Tidak hanya berdampak pada paru-paru atau organ tubuh lainnya, paparan polusi udara pun dapat menyebabkan kulit wajah mudah rusak. Bahkan, polusi tersebut bisa memicu berbagai penyakit kulit, terutama jika paparan terhadap polusi udara berlangsung lama. 

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa efek polusi udara bagi kesehatan kulit wajah yang perlu diwaspadai :

BACA JUGA:Manfaat Tomat untuk Wajah, Begini Cara Penggunaannya

1. Kerusakan Kolagen

Bahaya polusi udara untuk wajah yang pertama adalah memicu kerusakan kolagen. Pasalnya, protein kolagen alami pada kulit dapat terganggu akibat senyawa kimia yang terdapat dalam polusi udara, sehingga produksinya pun menjadi terhambat.

Jika produksi kolagen tidak tercukupi atau terganggu, maka kulit wajah akan lebih mudah kendur, keriput, dan tampak kusam. Pasalnya, kolagen sendiri memiliki peran penting dalam membuat kulit wajah tetap kenyal dan kencang.

2. Jerawat

Bahaya polusi udara untuk wajah lainnya adalah dapat memicu timbulnya jerawat. Pasalnya, debu dan kotoran yang terkandung di dalam polusi udara dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori di kulit wajah.

Jika dibiarkan, tersumbatnya pori-pori kulit dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit wajah, bahkan menyebabkan pertumbuhan kuman seperti bakteri dan jamur di kulit. Tumbuhnya kuman itulah yang menjadi pemicu munculnya jerawat.

3. Flek Hitam

BACA JUGA:Apakah Sport Bra Aman untuk Dipakai Sehari-hari?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: